Komisi IV DPR: Amran Itu Menterinya Jokowi yang Prestasinya Berderet

Menteri Pertanian Amran Sulaiman merupakan salah satu sosok pejabat di era pemerintahan Presiden Jokowi yang memiliki sederet prestasi

Komisi IV DPR: Amran Itu Menterinya Jokowi yang Prestasinya Berderet
dok humas kementan
Mentan A Amran Sulaiman saat menemui petani jagung di Sumatera beberapa waktu lalu, Mentan Amran meminta Bulog untuk menyerap gabah petani pada panen raya saat ini agar harga stabil. 

Jakarta,Tribun-Timur.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman merupakan salah satu sosok pejabat di era pemerintahan Presiden Jokowi yang memiliki sederet prestasi.

Oleh sebab itu Amran Sulaiman dapat dikategorikan cukup mendalam memahami pembangunan pertanian nasional sebab catatan kerjanya yang tergolong memuaskan.

Apresiasi tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPR Roem Kono, Sabtu (25/5/2019).

"Yang paling terasa itu mengenai produksi jagung. Amran Sulaiman mampu dongkrak produksi jagung daerah. Hasilnya kita kan mampu ekspor tahun lalu 300 ribu ton lebih," ujar Roem Kono.

Roem Kono menyebutkan, data itu membuktikan di era Amran Sulaiman mampu mulai membalik tradisi impor menjadi ekspor jagung.

Lainnya, ucap Roem Kono, Amran Sulaiman dalam bekerja dirasakan memiliki banyak inovasi terobosan. Sehingga terasa pembangunan pertanian Indonesia saat ini berbeda dari sebelumnya.

"Pola pertanian tradisional jadi mekanisasi, pembangunan irigasi di mana-mana sesuai visi Presiden Jokowi yang gencar membangun infrastruktur, peraturan yang dianggap kendala juga banyak dicabut," ujar Roem Kono.

Sisi itu, menurut Roem Kono, sosok Amran memang tampak memberikan prioritas kepada petani agar pangan Indonesia menjadi unggul.

Roem Kono mengatakan, gaya kepemimpinan Amran Sulaiman juga membuat perubahan manajerial kerja kementeriannya lebih baik dari periode sebelumnya.

Hal itu dapat disoroti dari anggaran di tubuh Kementerian Pertanian yang benar-benar dioptimalisasi pemanfaatannya dengan nilai telah ditetapkan.

"Jumlah anggaran yang diberikan meskipun berkurang namun tetap mampu menunjukan program pengelolaan kerja untuk peningkatan sektor pertanian," ungkap Roem Kono.

Roem Kono berharap, Amran Sulaiman terus dapat meningkatkan prestasi kerjanya ke depan guna membangun sektor pertanian Indonesia yang makin baik lagi. (*)

Editor: Ilham Arsyam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved