13 Gugatan Pemilu 2019 dari Sulsel di MK

Daftar Permohonan Perkara PHPU 2019 tersebut dipublikasikan melalui situs resmi MK www.mkri.id yang dikutip tribun-timur.com hingga Sabtu (25/5).

13 Gugatan Pemilu 2019 dari Sulsel di MK
HO
Setelah Ricuh di Bawaslu, Benarkah Pendukung Prabowo-Sandi akan 'Duduki' Mahkamah Konstitusi? 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR  - Sebanyak 311 permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 sudah teregistrasi di Mahkamah Konstitusi (MK).

Daftar Permohonan Perkara PHPU 2019 tersebut dipublikasikan melalui situs resmi MK www.mkri.id yang dikutip tribun-timur.com hingga Sabtu (25/5) sekitar pukul 22.30 malam. 

Belum Ada Gugatan Kadir Halid-Arfandy Idris di MK

Prabowo-Sandi Bisa Menang di MK dan Balikkan Keadaan, Pakar Hukum Jelaskan Cara Rebut Suara 02

Sebelumnya, MK sudah menutup pendaftaran gugatan sengketa Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 hingga Jumat (24/5) dinihari.

Dari total jumlah tersebut, sebanyak 13 permohonan PHPU dari Sulawesi Selatan (Sulsel).

Perkara untuk perselisihan penghitungan suara, penggelembungan, pengurangan, hingga dugaan kecurangan, baik untuk tingkat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPRD provinsi, maupun kabupaten/ kota.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengajukan PHPU untuk Pileg DPRD Selayar di Daerah Pemilihan (Dapil) V terkait perolehan suara kursi terakhir dengan Partai Demokrat.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mempersoalkan selisih suara DPRD Makassar di Dapil IV Makassar yang menyebabkan calon legislatif (caleg) Gerindra Kasrudi tak terpilih.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftarkan satu permohonan untuk dua perkara yakni perolehan suara DPRD Sulsel IV (Jeneponto, Bantaeng, Selayar, dan DPRD Toraja Utara Dapil III.

Untuk Dapil IV dugaan penggelembungan suara ke Partai Amanat Nasional (PAN), sedangkan di Torut terkait perbedaan suara dengan Hanura (Agustinus Peleng).

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga mengajukan PHPU untuk DPR RI Dapil Sulsel III. Pemohon Darwis Ismail mendalilkan penambahan suara Eva Stevany Rataba (Nasdem) yang mendapatkan kursi terakhir di dapil ini.

Halaman
123
Penulis: Abdul Azis
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved