Petugas Farmasi RSUD Andi Makkasau Diberi Pelatihan Aseptik Dispensing Sediaan Steril, Ini Tujuannya

Kepala Sub Bidang Humas Infokom RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, Farida mengatakan, adapun yang terlibat menjadi peserta yaitu petugas farmasi.

Petugas Farmasi RSUD Andi Makkasau Diberi Pelatihan Aseptik Dispensing Sediaan Steril, Ini Tujuannya
Mulyadi/Tribun Timur
Pelatihan Aseptik Dispensing Sediaan Steril apoteker dan perawat RSUD Andi Makkassau 

TRIBUNPAREPARE.COM, BACUKIKI BARAT- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) T Andi Makkasau Kota Parepare, menggelar Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK).

Kepala Sub Bidang Humas Infokom RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, Farida mengatakan, adapun yang terlibat menjadi peserta yaitu petugas farmasi.

Baca: Inilah Oknum TNI Paling Dicari terkait Pembunuhan Vera Oktaria, Foto Disebar Kodam & Dikejar Polisi

Baca: CEK Ramalan Zodiak Kamu Senin 13 Mei 2019 Yuk! Gemini Mudah Tersulut Emosi, Virgo Hadapi Masalah

Petugas farmasi diberikan pelatihan berupa teknik aseptik dispensing sediaan steril.

Dispensing sediaan steril merupakan rangkaian perubahan bentuk obat dari kondisi semula menjadi produk baru, dengan proses pelarutan atau penambahan bahan lain yang dilakukan secara aseptis oleh apoteker di sarana pelayanan kesehatan

Farida menjelaskan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, dan pemahaman tenaga perawat dalam melaksanakan pencampuran obat injeksi dengan teknik aseptik.

"Dengan harapan para peserta nantinya mampu menyiapkan sarana dan prasarana, serta melaksanakan pelayanan dengan baik. Selain itu, diharapkan mampu melaksanakan tinjauan terhadap obat-obat yang akan dilakukan pencampuran secara aseptik dispensing," ungkapnya, Senin (13/5/2019).

Farida memaparkan, aseptik merupakan keadaan bebas dari mikroorganisme penyebab penyakit, sehingga, harus dilakukan upaya teknik aseptik sebagai langkah pencegahan.

"Tindakan antisepsis sendiri, untuk mengurangi atau menghilangkan mikroorganisme yang terdapat pada permukaan benda hidup atau benda mati, yang meliputi antisepis, desinfeksi dan sterilisasi,"ujarnya.

Adapun, yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut yakni tenaga ahli dari instalasi farmasi RSUD Andi Makkasau, Mansur dan Armanto.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan dan Hasil Perhitungan perolehan suara Pemilu 2019 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan untuk wilayah Tana Toraja
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan dan Hasil Perhitungan perolehan suara Pemilu 2019 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan untuk wilayah Tana Toraja (TRIBUN TIMUR/TOMMY PASERU)

Selain petugas farmasi atau apoteker, turut ikut dalam pelatihan ini yakni tenaga perawat RSUD Andi Makkasau Parepare.

Laporan Wartawan Tribun Timur,@adibrencheck

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Mulyadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved