Tak Banyak yang Tahu, Ini Kepanjangan dari Perkedel yang Biasa Kita Makan

Makanan yang berbahan dasar kentang ini paling cocok buat side dish ketika makan soto ataupun sekedar dinikmati sebagai teman minum kopi maupun teh.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Kepanjangan dari Perkedel yang Biasa Kita Makan
Unilever Food Solutions
perkedel 

TRIBUN-TIMUR.COM - Hampir semua penduduk Indonesia sangat doyan dengan perkedel.

Makanan yang berbahan dasar Kentang ini paling cocok buat side dish ketika makan soto ataupun sekedar dinikmati sebagai teman minum kopi maupun teh.

Meskipun menjadi makanan favorit, kebanyakan orang tak mengetahui bahwa perkedel itu merupakan sebuah singkatan, tapi bukan 'pernah kecewa karena LDR' lho, melainkan 'PERsatuan Kentang Dan tELur'.

Sama seperti halnya pengguna Twitter dengan akun @uniqoriya yang mengetahui bahwa perkedel merupakan sebuah singkatan dari 'persatuan Kentang dan telur' pada Senin lalu (29/4).

Baca: Resep Makanan: Perkedel Ayam Seledri

Baca: Tahun Baru Imlek, Inilah 8 Hidangan Khas Warga Tionghoa yang Disajikan di Meja Makan, Ada Maknanya

"Baru tau kepanjangan 'PERKEDEL' Persatuan Kentang dan Telur. TERCENGANG SENDIRI," tulis @uniqoriya.

Dilansir dari Wikipedia, perkedel merupakan makanan yang terbuat dari Kentang tumbuk, dicampur menggunakan daging cincang, irisan daun bawang, seledri, serta bumbu-bumbu, yang kemudian dibentuk bulat gepeng, dicelupkan dalam kocokan telur, sebelum akhirnya digoreng.

Nama perkedel sebenarnya berasal dari Bahasa Belanda 'Frikadel', makanan asli dari Eropa yang terbuat dari lumatan daging cincang dan kemudian digoreng.

Perkedel di Indonesia lebih banyak terbuat dari Kentang dan hanya diberi sedikit atau bahkan nggak ada campuran daging cincang ataupun kornet seperti Frikadel.

Baca: Anda Salah, Takjil Ternyata Bukan Hidangan Buka Puasa Ramadhan, Temukan Artinya di Sini

Baca: Download Yuk Sticker WhatsApp Nuansa Ramadan 2019, Ada Emoticon Ngajak Sahur dan Buka Puasa Bareng

Selain kentang, sejumlah masyarakat di Indonesia selama ini juga senang membuat kreasi dengan mengganti bahan utama perkedel menjadi ubi jalar, jagung maupun tahu.

Gimana, udah pada tahu kan sekarang? Btw, kalian termasuk yang baru ngeh atau udah tahu kalau perkedel itu singkatan dari 'PERsatuan KEntang Dan tELur'? (*)

Artikel ini pernah tayang di Haionline.grid.id dengan judul Benarkah Perkedel Singkatan dari 'Persatuan Kentang dan Telur'?

Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved