Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Ramah Anak Akan Dibangun di Gowa

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Moh Hasan Sijaya mengatakan, perpustakaan umum yang akan dibangun ini digagas dengan konsep ramah

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Ramah Anak Akan Dibangun di Gowa
ari maryadi/tribungowa.com
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menerima audience Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Moh Hasan Sijaya di Rumah Jabatan Bupati Gowa, Selasa (16/4/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan membangun perpustakaan umum dengan layanan ibu dan anak di Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Moh Hasan Sijaya mengatakan, perpustakaan umum yang akan dibangun ini digagas dengan konsep ramah anak dan ibu.

Ramah anak dan ibu ini ditandai dengan perpustakaan yang dapat diminati oleh anak-anaknya.

Menurut Moh Hasan, perkembangan anak nantinya bukan hanya dimanfaatkan dengan bermain gawai semata. Tetapi juga mulai diperkenalkan dengan berbagai buku-buku bacaan yang bervariasi.

"Rencananya konsep bangunannya nanti yaitu disiapkan khusus untuk anak begitupun dengan ibunya. Jadi anaknya bermain sambil membaca buku sesuai usianya, ibunya pun demikian," ujar Moh Hasan, Minggu (21/4/2019).

Ia mengatakan, hanya saja sebelum dilakukan pembangunan perpustakaan ini dipastikan lahan yang akan ditempati membangun itu telah memiliki sertifikat tanah.

Moh Hasan mengaku telah membahas sertifikat tanah ini saat melakukan pertemuan dengan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Selasa (16/4/2019) lalu.

"Kita sudah bahas terkait proses administrasi pembangunan perpustakaan dan syarat-syaratnya. Salah satunya lahan yang akan digunakan untuk membangun harus memiliki sertifikat resmi," sambungnya.

Untuk anggaran pembangunannya akan mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sekitar Rp4,2 miliar.

"Bapak Bupati Gowa sangat menyambut baik rencana ini. Beliau sangat mendukung karena ini untuk mencerdaskan generasi yang cerdas dan berwawasan luas," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved