Pemilu 2019

Sebelum Mencoblos, Wajib Lakukan Ini di Tempat Pemungutan Suara

Ketentuan tentang pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019 itu diatur dalam peraturan KPU nomor 9 tahun 2019.

Sebelum Mencoblos, Wajib Lakukan Ini di Tempat Pemungutan Suara
Abdul Azis/Tribun Timur
Koordinator Divisi Umum, Rumah Tangga, dan Organisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, Muh Asram Jaya di ruang kerjanya, Senin (15/4/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebelum anda menyalurkan hak pilih atau mencoblos surat suara yang diberikan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), sebaiknya diperiksa terlebih dulu.

Jangan langsung ke bilik suara! Pastikan lima surat suara yang akan dicoblos, yakni Capres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota sudah ditandatangani oleh Ketua KPPS di bagian depan.

Baca: H-1 Pemilu 2019, PPK Kecamatan Simboro Mamuju Fokus Distribusi Logistik

"Tandatangan Ketua KPPS di bagian depan surat suara wajib," kata Koordinator Divisi Umum, Rumah Tangga, dan Organisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Asram Jaya, kepada Tribun, Selasa (16/4/2019).

Ketentuan tentang pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019 itu diatur dalam peraturan KPU nomor 9 tahun 2019.

"Pastikan surat suara yang diberikan sudah ditandatangani oleh Ketua KPPS. Tidak sah suara kalau tidak ada itu," tegas Asram.

Baca: Sekolah Entrepreneur YESS Bagi Siswa SMA Sederajat Kembali Dibuka

Koordinator Forum Informasi dan Komunikasi Organisasi Non-Pemerintah (FIK-Ornop) Sulsel non-aktif itupun meminta seluruh masyarakat Sulsel untuk memeriksa surat suara yang diberikan oleh KPPS.

"Harus diperiksa, jika tidak ada tandatangan ketua KPPS, maka bisa minta digantikan dengan surat suara baru," tegas Asram.

Baca: Ketua HMI Jeneponto: Masyarakat Harus Gunakan Hak Pilihnya Sesuai Hati Nurani

Luncurkan layanan pengaduan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan luncurkan pelayanan informasi dan pengaduan melalui layanan pesan singkat.

Koordinator Divisi Umum, Rumah Tangga, dan Organisasi KPU Sulsel, Muhammad Asram Jaya, mengatakan, layanan tersebut diluncurkan jelang pencoblosan Pemilu 17 April 2019 besok.

Halaman
12
Penulis: Abdul Azis
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved