Jelang Pemilu PLN Sulselrabar Sediakan 138 Unit Genset, di Sulsel 26 Unit

Guna menyukseskan Pemilu, PLN telah berkoordinasi dengan KPU maupun kepolisian untuk mengantisipasi kesiapan suplai listrik.

Jelang Pemilu PLN Sulselrabar Sediakan 138 Unit Genset, di Sulsel 26 Unit
dok tribun-Timur/fb
Mobile genset PLN untuk keadaan darurat

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Perusahan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar melakukan perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik, serta menyiapkan mesin generator setting (genset) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ini tidak lain untuk mengamankan pasokan listrik jelang Pemilu serentak pada Rabu (17/4/2019) mendatang.

Baca: PLN Sulselrabar: 17 April Konsumsi Listrik Turun, Tapi Tidak Signifikan

Suvervisor Humas PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara (Sulselbartra), Eko Wahyu Prasongko mengatakan, mesin genset yang disiapkan sebagai upaya antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi gangguan listrik secara mendadak.

“Sebelum dilakukan mobilisasi terlebih dahulu dilakukan pengujian di kantor untuk kemudian dibawa ke KPUD dimasing-masing unit," kata Eko via pesan WhatsApp, Minggu (14/4/2019).

Irma Fitriani Nursyam (20), sedang melipat surat suara Pemilu di Gedung GOR Gowa, Jl Masjid Raya, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Jumat (15/3/2019) lalu. (Foto Ari Maryadi Tribun Gowa)
Irma Fitriani Nursyam (20), sedang melipat surat suara Pemilu di Gedung GOR Gowa, Jl Masjid Raya, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Jumat (15/3/2019) lalu. (Foto Ari Maryadi Tribun Gowa) (TRIBUN TIMUR/ARI MARYADI)

"Instalisasi dan simulasi mesin genset dilakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi padam listrik dari sumber utama PLN. Jadi mesin genset ini sifatnya hanya sebagai back up saja,” jelas Eko menambahkan.

Guna menyukseskan Pemilu, PLN telah berkoordinasi dengan KPU maupun kepolisian untuk mengantisipasi kesiapan suplai listrik.

Pada tiap-tiap TPS, PPK dan KPUD akan dilakukan back up pasokan listrik dari sumber utama PLN dengan genset, baik genset yang telah tersedia di masing-masing tempat maupun genset yang dimiliki PLN yang menjadi back up utama.

Baca: KPU Enrekang Mulai Distribusi 3.715 Kotak Suara, Pakai 20 Truk

"Insya allah sudah siap satu genset per kantor KPU. Kapasitas genset beragam mulau untuk KPU 5,5 kW hingga 250 kW. Kapasitas gensetnya sudah lebih dari cukup dari daya di masing-masing kantor," ujarnya.

"Setidaknya cukup untuk membackup peralatan listrik seperti komputer dan peralatan lain yang vital terkait pelaksanaan Pemilu," jelasnya.

Detail jumlah Getset yang disediakan PLN UIW Sulselrabar yakni secara keseluruhan ada 136 unit genset. 26 unit di antaranya di Sulsel.

Mengantisipasi tingginya gangguan pemeliharaan preventif dengan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang mengenai jaringan 20 kV terus dilakukan untuk menjaga keandalan suplai listrik.

"Kami mengharapkan bantuan warga untuk merelakan tanam tumbuh yang dimiliki agar dapat kami pangkas sehingga jaringan listrik kita aman," kata Eko.(tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @fadhlymuhammad

Baca: Hasil Hualifikasi MotoGP 2019 Americas Amerika, Marc Marquez Pole Position, Valentino Rossi Ngekor

Baca: Bandingkan Massa Jokowi - Maruf Amin vs Prabowo - Sandiaga Uno, Siapa Sesungguhnya Penguasa GBK?

Baca: Apa Isi Omongan Audrey yang Bikin Pelaku Sakit Hati? Seret Almarhum Ayah dan Bukan Masalah Cowok

Baca: Masa Tenang Pemilu 2019, Ini Aktifitas Andre Prasetyo Tanta dan Nasran Mone

Baca: RSUD Bantaeng Siapkan Empat Kamar Gratis Untuk Caleg Stres

Baca: TRIBUNWIKI: Pendiri Wikileaks Julian Assange tertangkap, Siapa Dia? Apa Kasusnya?

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved