Jaga Stabilitas Harga Gabah di Pasaran, Mentan Amran Sulaiman Minta Bulog Serap Hasil Panen Raya

Jaga Stabilitas Harga Gabah di Pasaran, Mentan Amran Sulaiman Minta Bulog Serap Hasil Panen Raya

Jaga Stabilitas Harga Gabah di Pasaran, Mentan Amran Sulaiman Minta Bulog Serap Hasil Panen Raya - mentan-a-amran-sulaiman-saat-menemui-petani-bawang-di-jabar.jpg
dok humas kementan
Mentan A Amran Sulaiman saat menemui petani bawang di Jabar beberapa waktu lalu, Mentan Amran meminta Bulog untuk menyerap gabah petani pada panen raya saat ini agar harga stabil.
Jaga Stabilitas Harga Gabah di Pasaran, Mentan Amran Sulaiman Minta Bulog Serap Hasil Panen Raya - mentan-a-amran-sulaiman-saat-menemui-petani-jagung.jpg
dok humas kementan
Mentan A Amran Sulaiman saat menemui petani jagung di Sumatera beberapa waktu lalu, Mentan Amran meminta Bulog untuk menyerap gabah petani pada panen raya saat ini agar harga stabil.

TRIBUN-TIMUR.COM, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) meminta Badan Urusan Logistik atau Bulog, termasuk semua pihak yang terlibat di sektor pertanian agar melakukan penyerapan gabah hasil panen raya di sejumlah daerah. Langkah ini perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas harga gabah di pasaran.

"Kita harapkan Bulog segera melakukan penyerapan gabah petani secara masif. Kemudian pembelian harga gabah petani juga tidak boleh di bawah Rp 4.070 per kilogram, pokoknya harus sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Rabu (3/4/2019).

Mengenai hal ini, Anggota DPR dari Komisi IV, Endang Srikarti Handayani mendukung himbauan Kementerian Pertanian sekaligus arahan Presiden tersebut.

Baca: Kementan: Mafia Bawang Putih Mau Semena-mena Seperti Dulu? Kita Perangi

Baca: PBNU Apresiasi Kinerja Mentan, Said Aqil: Pak Amran Sudah Mati-matian Membela Petani

Kata Endang, upaya ini sudah tepat sasaran karena mampu mengurangi potensi kerugian akibat merosotnya harga gabah kering.

 "Kalau sudah ada ajakan untuk menyerap gabah hasil panen milik petani, itu kan bentuk komitmen kepedulian pemerintah untuk menstabilkan lagi harga. Upaya ini harus kita dukung," katanya dikutip dalam rilis yang diterima tribun-timur.com.

Menurut Endang, Kementan dibawah pimpinan Andi Amran Sulaiman berhasil menjalin relasi yang sangat baik dengan para petani di seluruh Indonesia. 

Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman berkunjung ke kantor Tribun Timur, Jl Cendrawasih No 430, Makassar, Kamis (14/3/2019).
Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman berkunjung ke kantor Tribun Timur, Jl Cendrawasih No 430, Makassar, Kamis (14/3/2019). (TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR)

Karenanya, Amran tidak mungkin mengabaikan nasib dan kesejahteraan petani. "Pemerintah sudah serius dan fokus ke kesejahteraan petani," ujarnya.

"Apalagi kondisi sekarang sudah kelihatan ada permintaan Amran Sulaiman supaya dilakukan penyerapan gabah besar-besaran," ucap Endang.

Adapun saat ditanya soal turunya harga gabah, Endang mengatakan bahwa kondisi ini sebaiknya dilihat secara obyektif.

Halaman
123
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved