Kelurahan Salomenraleng Wajo Buat Inovasi 'Pak Iman'

Inovasi yang dibuat Lurah Solomenraleng, Andi Marzam Pallawagau yakni "Pak Iman" atau Penerbitan Surat Keterangan Tidak Mampu

Kelurahan Salomenraleng
Lurah Salomenraleng, Andi Marzam Pallawagau saat menyosialisasikan inovasi pelayanan "Pak Iman" ke masyarakat, Kamis (28/3/2019). 

TRIBUN-WAJO.COM, SENGKANG - Bagi anda masyarakat Kelurahan Salomenraleng, kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, tak perlu lagi antre dan menunggu lama untuk membuat Surat Keterangan Tidak Mampu/Miskin (SKTM).

Kini, dengan inovasi yang dibuat Lurah Solomenraleng, Andi Marzam Pallawagau yakni "Pak Iman" atau Penerbitan Surat Keterangan Tidak Mampu/Miskin Secara Instan.

Gagasan tersebut muncul agar masyarakatnya tidak lagi menunggu lama bahkan meninggalkan pekerjaan hanya untuk mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu/Miskin (SKTM).

Baca: Sudah Tiga Tahun Jalan di Kampung Kamara Barru Rusak

Baca: Kabid Humas Polda Sulsel Ajak Personel Polres Jeneponto Bijak Bermedia Sosial

Baca: Suami Siti Zulaeha Beberkan Kebohongan Dosen UNM Wahyu Jayadi, Lantas Apa Penyebab Istrinya 

"Umumnya, SKTM ini digunakan untuk berobat, mendaftar sekolah, dan mendapatkan bantuan. Jadi memang harus cepat karena terkait kemakmuran atau keberlangsungan hidup masyarakat kami," katanya, Kamis (28/3/2018).

Dengan inovasi tersebut, masyarakat yang hendak mendapatkan SKTM tidak perlu mendatangi kantor kelurahan. Cukup dengan mengirimkan Call Centre yang telah ditempel di setiap rumah warga dengan cara mengetik nama dan NIK.

Data yang diterima melalui call centre akan diinput ke aplikasi "Si-Kilat" atau Sistem Kinerja Lebih Cepat dan Inovatif, inovasi yang telah lebih dulu direalisasikan di Kelurahan Salomenraleng.

"Jika data yang dikirim pemohon dianggap valid, akan dilakukan pencetakan dokumen untuk ditanda tangani oleh Pejabat yang berwenang dan selanjutnya diantarkan ke alamat pemohon. Plus layanan ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis," kata Andi Marzam Pallawagau.

Salah satu warga setempat, Rahmadillah yang telah menggunakan layanan tersebut menuturkan, inovasi yang digagas tersebut sangat bermanfaat dan memudahkan.

"Kami sangat terbantu dengan layanan seperti ini. Terlebih lagi tak ada biaya apapun," katanya.

Diketahui, 2017 lalu, aparat Kelurahan Salomenraleng juga mengeluarkan inovasi Si-Kilat.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved