Keren! Sawah Disulap Jadi Agrowisata Baturapa

Ide pembangunan Wisata Baturapa muncul saat Darwis mencari solusi agar burung tak menyerang tanaman padi miliknya menjelang panen.

Penulis: Firki Arisandi | Editor: Hasriyani Latif
firki arisandi/tribunbulukumba.com
Pengunjung bersantai di Agrowisata Baturapa di Lingkungan Baturapa, Kelurahan Borongrappoa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu. Agrowisata yang digagas pemuda setempat ini ramai dikunjungi wisatawan. 

Laporan Wartawan Tribunbulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUN-TIMUR.COM - Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) kini memiliki destinasi wisata baru. Wisata Alam Baturapa namanya.

Kawasan wisata yang berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut itu mengusung konsep agrowisata.

Penggagas wisata alam ini tak lain adalah petani muda setempat bernama Darwis (28 tahun). Baturapa tak hanya menawarkan pemadangan berupa hamparan sawah yang menyejukkan mata.

Di sini, pengunjung juga dimanjakan dengan sejumlah spot foto. Makanya animo masyarakat untuk datang ke Wisata Alam Baturapa cukup tinggi.

Tak hanya mengabadikan foto-foto, di Baturapa bahkan ada yang sengaja datang untuk merayakan ulang tahun kerabatnya lho!

Agrowisata Baturapa di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Agrowisata Baturapa di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. (firki arisandi/tribunbulukumba.com)

Seperti yang dilakukan Lisa dan rekannya, beberapa waktu lalu. Pelajar SMA di Kindang ini mengaku kerap datang bersantai di agrowisata ini.

Alasannya, selain karena berbeda dengan konsep wisata lain yang ada di Butta Panrita Lopi, julukan Bulukumba, kawasan wisata tersebut juga masih digratiskan untuk umum.

"Berbeda dengan yang lain. Disini kita bisa dekat dengan alam dan tentunya masih gratis," ujarnya. Ia hanya menyayangkan akses menuju kawasan agrowisata itu yang masih kurang memadai.

Usir Serangan Burung

Ide pembangunan Wisata Baturapa muncul saat Darwis mencari solusi agar burung tak menyerang tanaman padi miliknya menjelang panen.

"Tidak saya sengaja. Cuman biasanya saya sendiri di sawah. Jadi saya berpikir bagaimana caranya agar di sini (sawah) tidak sepi. Agar hama seperti burung, takut mendekat, jadi saya pikir sepertinya bagus buat tempat wisata di sini," tuturnya, belum lama ini.

Setelah mendapat ide tersebut, Darwis kemudian menggotong bahan-bahan yang bakal ia gunakan untuk membangun gazebo di sawahnya.

Kegiatan itu dilakukan seorang diri, setiap kali ia berangkat bertani. "Setiap saya berangkat, saya bawa lagi bahan-bahan yang akan saya gunakan, hingga akhirnya jadi seperti ini," ungkapnya.

Wisata Alam Baturapa Bulukumba
Wisata Alam Baturapa Bulukumba (firki/tribun timur)
Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved