Bagaimana Nasib 4 Bidan PTT di Wajo yang Tidak Penuhi Kriteria Pengangkatan CPNS?

Bila menilik aturan di Kepres nomor 25 tahun 2018 terkait batas usia maksimal, ada 4 bidan PTT yang tidaklah memenuhi syarat.

Hardiansyah Abdi Gunawan/Tribunwajo.com
Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, Wahidin Mala. 

Laporan wartawan TribunWajo.com, Hardiansyah Abdi Gunawan

TRIBUNWAJO.COM, WAJO - Berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri nomor 446/10772/SJ yang ditandatangani Tjahjo Kumolo, tentang pengangkatan pegawai tidak tetap (PTT) Kementerian Kesehatan menjadi CPNS di lingkungan pemerintah daerah. Dalam surat edaran tersebut, para gubernur diperintahkan untuk memerintahkan bupati/wali kota untuk menindaklanjuti hal tersebut.

Namun, tidak serta merta para bisan PTT di lingkup Kementerian Kesehatan akan diangkat menjadi CPNS. Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 25 tahun 2018 tentang jabatan dokter, dokter gigi dan bidan sebagai jabatan tertentu dengan usia pelamar paling tinggi 40 tahun.

Di Kabupaten Wajo sendiri, ada 6 bidan PTT yang tercatat. Mereka adalah bidan desa yang tersebar di Kabupaten Wajo dan telah mengabdi sebagai PTT selama 7 sampai 8 tahun.

Baca: Di Wajo, 6 Bidan PTT Bakal Diangkat Jadi CPNS

Baca: Tanjung Bunga Lakukan IPST, Jamin Kualitas Bangunan Sebelum Diserahkan

Baca: Nikmati Libur Akhir Tahun, 4 Objek Wisata di Sinjai ini Bisa Jadi Pilihan

"1 periode pengangkatan PTT itu 3 tahun, dan maksimal 2 kali perpanjangan. Artinya, maksimal 3 periode dengan 9 tahun," kata Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, Wahidin Mala kepada Tribunwajo.com, Kamis (20/12/2018).

Adalah Bidan Desa Leweng, Kecamatan Takkalalla, Nursanti Said (37) Bidan di Puskesmas Tempe, Andi Yuli Astrini (39), Bidan Desa Abbanuange, Kecamatan Maniangpajo, Fatimah (40), Bidan Desa Pallimae, Kecamatan Sabbangparu, Idawati (43), Bidan Desa Ajuraja, Kecamatan Takkalalla, Hasnawati (45), Bidan Desa Salobulo, Kecamatan Sajoanging, Rita Asmariany (47).

Bila menilik aturan di Kepres nomor 25 tahun 2018 terkait batas usia maksimal, ada 4 bidan PTT yang tidaklah memenuhi syarat.

"Kita belum bisa pastikan bagaimananya, kita cuma merujuk pada Kepres. Padahal kita berharap semuanya bisa diangkat jadi CPNS," kata Wahidin Mala.

Pengajuan bidan PTT belumlah dilakukan Pemerintah Kabupaten Wajo, mengingat belum ada instruksi. Sebab, jadwal penandatanganan MoU antara Kementerian Kesehatan dengan Gubernur baru dijadwalkan pada Januari 2019.

Subscribe untuk Lebih dekat dengan tribun-timur.com di Youtube:

Jangan lupa follow akun instagram tribun-timur.com

(*)
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved