Jadi Tandem Steven Paulle, Abdul Rahman Merasa Kehilangan

-Nama Steven Paulle (32) dipastikan tak terdaftar lagi sebagai pemain PSM Makassar untuk musim depan.

Jadi Tandem Steven Paulle, Abdul Rahman Merasa Kehilangan
sriwijaya post
Bek PSM Steven Paulle saat menghentikan aksi Striker Sriwijaya FC Beto Goncalves dalam laga Liga 1 di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, 28 April 2018 lalu. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Nama Steven Paulle (32) dipastikan tak terdaftar lagi sebagai pemain PSM Makassar untuk musim depan.

Hal itu menyusul Manajemen PT PSM Makassar enggan memperpanjang kontrak pemain asal Cannes, Francis, kelahiran 10 Februari 1986 silam ini.

Buntut dari tak diperpanjangnya kontrak Steven yang sudah kadaluarsa pada Januari 2019 mendatang, membuat pemain PSM angkat bicara. Salah satunya, yakni Abdul Rahman (30) yang merupakan tandem Steven di lini belakang.

Tiga pemain asing PSM Marc Klok, Bruce djite, dan Steven Paulle saat berlatih di Stadion Mattoanging, Makassar, Kamis (17/5/2018). Paulle dan Bruce masih latihan terpisah
Tiga pemain asing PSM Marc Klok, Bruce djite, dan Steven Paulle saat berlatih di Stadion Mattoanging, Makassar, Kamis (17/5/2018). Paulle dan Bruce masih latihan terpisah (tribun timur/muhammad abdiwan)

Dikonfirmasi Tribun Timur, Sabtu (15/12), bek asal Kabupaten Sidrap, Sulsel ini mengaku sangat kehilangan sosok eks Dijon FCO (Tim Liga 1 Francis) tersebut.

"Merasa kehilangan, sedih itu pasti. Tapikan yang namanya sepak bola ada yang datang ada yang pergi," kata pesepakbola dengan nama lengkap Abdul Rahman Sulaeman.

Menurutnya, selama setahun berseragam Ayam Jantan dari Timur dan bertandem dengan Steven, banyak kesan yang tersimpan. Terutama sikap Steven yang dinilainya sangat baik.

Bek PSM Abdul Rahman merayakan gol yang dicetaknya ke gwang Persipura dengan suka cita di Stadion Mandalan, Jayapura, Papua, Senin (4/6/2018). PSM berharap bisa mengalahkan Persipura di Mattaonging, Minggu (4/11/2018). (dok psm makassar)
Bek PSM Abdul Rahman merayakan gol yang dicetaknya ke gwang Persipura dengan suka cita di Stadion Mandalan, Jayapura, Papua, Senin (4/6/2018). PSM berharap bisa mengalahkan Persipura di Mattaonging, Minggu (4/11/2018). (dok psm makassar) ()

Apalagi lanjut Abdul Rahman, Steven merupakan orang yang sangat jarang marah, ramah, hingga tak banyak bicara.
"Kita juga saling membantu satu sama lain, saling mengoreksi dan kadang saling tukar pikiran disaat mau pertandingan. Intinya dia (Steven) sangat baik," papar mantan bek Bali United musim 2017 ini.

Diketahui, Steven didatangkan Manajemen PT PSM pada pra musim 2017 lalu. Penampilan Steven di lini belakang cukup membuat pertahanan PSM sulit untuk dijebol dengan total kebobolan 36 gol pada 2017 lalu.

Steven juga berhasil menyumbangkan satu gol penentu kemenangan PSM menghadapi Sriwijaya FC, di Gelora Sriwijaya pada musim lalu (17/9). Sementara pada musim ini, Steven lagi-lagi memberikan kejutan dengan mencetak satu gol kegawang Persija Jakarta (6/7/2018) lalu.

Playmaker PSM Willem Jan Pluim memeluk rekan setimnya Bek Abdul Rahman Sulaiman usai mencetak gol ke gawang Persipura, di Stadion Mandala, Jayapura, Senin (4/6/2018) malam.
Playmaker PSM Willem Jan Pluim memeluk rekan setimnya Bek Abdul Rahman Sulaiman usai mencetak gol ke gawang Persipura, di Stadion Mandala, Jayapura, Senin (4/6/2018) malam. (handover)

Kala itu, PSM tertinggal 2-1 dari tuan rumah Persija pada laga yang dihelat di Stadion Sultan Agung, Bantul. Namun Steven berhasil menyamakan kedudukan lewat gol saltonya pada menit 87.

"Semoga dia (Steven) sukses di mana pun dia bermain dan semoga bisa bertemu dia lagi di lain waktu," pinta Abdul Rahman Sulaiman.

Tidak diperpanjangnya kontrak Steven didasari adanya perubahan struktur pemain asing dalam tim PSM. Jika dalam dua musim terakhir, PSM menempatkan pemain asing di lini belakang dengan status asing non Asia dan di lini depan dengan striker berstatus Asia.

Striker Pusamania Borneo FC Lerby Eliandry berduel dengan Bek PSM Steven Paulle dalam laga LIga 1 2017 di Stadion Segeri Samarinda, Oktober 2017 lalu. Lerby menjadi salah satu incaran PSM
Striker Pusamania Borneo FC Lerby Eliandry berduel dengan Bek PSM Steven Paulle dalam laga LIga 1 2017 di Stadion Segeri Samarinda, Oktober 2017 lalu. Lerby menjadi salah satu incaran PSM (tribun timur/ocha alim)

Akan tetapi, pada musim depan PSM bakal merombak struktur pemain asing menjadi asing Asia di lini belakang dan striker dengan status asing Eropa atau Amerika Latin. Hal itu diungkapkan Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts (64) beberapa waktu lalu.

"Kita punya rekor pertahanan dengan jumlah kemasukan bukan yang terbaik di liga. Sama halnya juga, kita adalah tim produktif kedua membuat gol. Tapi kita tidak punya top skor. Jadi kita akan kembalikan format seperti dua tahun lalu. Pemain asing Asia akan kita cari dengan posisi bek. Sementara striker non Asia berasal dari Eropa," jelas Robert Rene Alberts.(*)

Penulis: Wahyu Susanto
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved