Ini 5 Ulama yang Kata-katanya Paling Didengar Umat Islam Indonesia, Termasuk UAS dan Habib Rizieq

LSI Denny JA merilis hasil survei mengenai tokoh agama/ulama yang mempunyai pengaruh elektoral dan imbauannya paling didengarkan oleh masyarakat.

Tribunnews
Ustadz Abdul Somad (UAS) dan Habib Rizieq 

TRIBUN-TIMUR.COM- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei mengenai tokoh agama/ulama yang mempunyai pengaruh elektoral dan imbauannya paling didengarkan oleh masyarakat.

Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman mengatakan berdasarkan hasil survei yang dilakukan 10-19 Oktober lalu, setidaknya sebanyak 51,7 persen pemilih menyatakan sangat mendengarkan imbauan dari tokoh agama. Baik itu ulama, pastor, biksu, dan lain-lain.

"Tokoh agama adalah orang yang paling kuat pengaruhnya terhadap pemilih. Sebanyak 51,7 persen pemilih menyatakan bahwa mereka sangat mendengar himbauan dari tokoh agama (ulama,pastor, biksu dll)," kata Ikrama Masloman dalam paparan hasil survei LSI di Kantor LSI Graha Dua Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).

LSI Denny JA, kata Ikrama, membagi kriteria tokoh ulama tersebut.

"LSI Denny JA mencoba merumuskan kriteria ulama berpengaruh dengan 3 syarat utama. Pertama, tingkar pengenalan tokoh agama/ulama tersebut di atas 40 persen."

"Kedua, tingkat kesukaan terhadap ulama tersebut di atas 50 persen."

"Ketiga, kemampuan mereka mempengaruhi atau himbauannya didengar di atas 15 persen. Angka 15 persen adalah angka yang tinggi untuk tingkat pengaruh tokoh-tokoh terhadap pemilih," papar Ikrama.

Baca: Kronologi Lengkap Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi: Mengapa Polisi Periksa Kakak Korban?

Dari kriteria tersebut, muncul 5 nama ulama yang mempunyai pengaruh elektoral dan imbauannya paling didengarkan oleh masyarakat, yakni :

1. Ustaz Abdul Somad (UAS)

Mengikuti imbauannya: 30,2 persen
Pernah mendengar: 59,3 persen
Suka: 82, 5 persen

Ustadz Abdul Somad (UAS) tentang Rebo Wekasan
Ustadz Abdul Somad (UAS) tentang Rebo Wekasan ()

2. Ustaz Arifin Ilham

Halaman
1234
Editor: Ilham Arsyam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved