Operasi Zebra 2018

Banyak Pengendara Ditilang Karena Helm, Ini Standarnya Menurut Satlantas Gowa

Target operasi zebra hari pertama yakni helm yang tidak berstandar dan pengendara yang di bawah umur.

Banyak Pengendara Ditilang Karena Helm, Ini Standarnya Menurut Satlantas Gowa
waode/tribuntimur.com
Satlantas Polres Gowa mengamankan beberapa pengendara yang menggunakan helm tidak sesuai SNI di hari pertama Operasi Zebra 2018, Jl Tun Abdul Razak, Selasa (30/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Satlantas Polres Gowa mengamankan beberapa pengendara yang menggunakan helm tidak sesuai SNI di hari pertama Operasi Zebra 2018, Jl Tun Abdul Razak, Selasa (30/10/2018).

Kasat Lantas Polres Gowa, AKP Religia Faradikta mengatakan, target operasi zebra hari pertama yakni helm yang tidak berstandar dan pengendara yang di bawah umur. 

"Tapi hari ini yang paling banyak pelanggarannya yaitu pengendara yang tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI)," ujarnya. 

Baca: Mahasiswa Arsitektur Unhas Benahi Fasilitas di Rumah Hijau Denassa di Gowa, Begini Kegiatannya?

Baca: Satlantas Gowa Gelar Ops Zebra, Pengendara Diminta Perhatikan Ini

Lalu bagaimana sih helm yang sesuai SNI menurut Satlantas Polres Gowa.

Menurut AKP Religia Faradikta helm yang sesuai SNI adalah yang memiliki label SNI.

"Jika dilihat Ada label SNI di helmnya. Bukan helm yang batok kaya tukang bangunan, dan model sana sini yang tidak bisa melindungi kepala. Karena manfaat helm itu sendiri melindungi kepala dari benturan, melindungi mata dari debu/ hewan (insect), melindungi kepala dari hujan dan panas," ujarnya.

Dilansir dari Kompas.com, standar Helm SNI 1811:2007, dan amandemennya SNI 1811:2007/Amd:2010, penetapan standar tersebut demi menjamin mutu helm di pasaran, baik dari sisi konstruksi dan mutunya, demi melindungi kepala. 

Terkait syarat mutu, material helm harus memenuhi tiga ketentuan.

1. Dibuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, tidak berubah jika ditempatkan di ruang terbuka pada suhu 0 derajat Celsius sampai 55 derajat Celsius selama paling sedikit 4 jam dan tidak terpengaruh oleh radiasi ultra violet, serta harus tahan dari akibat pengaruh bensin, minyak, sabun, air, deterjen dan pembersih lainnya.

Halaman
12
Penulis: Waode Nurmin
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved