Unibos Makassar Kerjasama Dinsos Palu Tangani Psikososial Korban Gempa

Universitas Bosowa (Unibos) Makassar kembali memgirimkan bantuan untuk korban bencana alam Sulawesi Tengah

Unibos Makassar Kerjasama Dinsos Palu Tangani Psikososial Korban Gempa
HANDOVER
Tim Psikolog Unibos Makassar Kerjasama Dinsos Palu Tangani Psikososial Korban Gempa 

Laporan Wartawan Tribun Timur Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Universitas Bosowa (Unibos) Makassar kembali memgirimkan bantuan untuk korban bencana alam Sulawesi Tengah, Palu, Sigi dan Donggala.

Sebanyak 10 relawan gelombang empat tersebut berangkat melalui jalur udara. Tim relawan psikososial Unibos bersama tim Bosowa Peduli bergerak sasar anak-anak korban bencana alam.

Kali pertama dilakukan dengan menyasar daerah Kabupaten Sigi dan Sekolah Darurat di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (19/10/2018).

Keberangkatan tim relawan Unibos yang bekerjasama dengan Bosowa Peduli ini juga bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) yang mengirimkan bantuan logistiknya melalui Bosowa Peduli.

Sebelum menyasar daerah tersebut, tim psikososial Unibos berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah terkait lokasi dan penjadwalan bantuan pendampingan dan penanganan psikologi untuk para korban.

Salah satu tim psikososial Unibos, Titin Florentina mengatakan sebelum ke lokasi memang harus ada assessment berupa observasi tapi tetap disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

"Sebelumnya juga kita perlu melakukan pendekatan sosial seperti konsultasi dan akan melakukan relaksasi jika memang ditemukan langsung korban yg membutuhkan. Sehingga memang membutuhkan untuk berkoordinasi dengan Dinsos untuk mengetahui kendala dan kebutuhan esensial di lapangan, melakukan aktivitas 3 layanan DP, penjadwalan layanan educational dan identifikasi issued strategis,"Kata Titin Florentina, yang juga merupakan dosen Unibos.

Langsung bergerak kelokasi, tim Psikososial Unibos langsung memperikan pendampingan kepada anak-anak di Kab.Sigi. selanjutnya juga akan memberikan pendampingan di beberapa sekolah darurat dengan bekerjasama tim Mitra Edukasi Palu.

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved