Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Pulau Tinabo, Taman Hiu di Taka Bonerate

Feeding shark memang satu keunikan pulau itu. Anda bisa diving, snorkling, canoying, dan fishing bersama mereka.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pulau Tinabo, satu dari 87 pulau berpenghuni dan tak berpenghuni di gugusan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Untuk ukuran pulau tropis, kekayaan biota laut di kawasan seluas 530 ribu hektare ini, terlihat biasa.

Namun di sekitar pulau itulah, hukum positif pemerintah melindungi keanaekaragan hayati di gugusan karang terbesar ketiga setelah Great Barrier Reef di Australia dan guguran Karang Maladew di Maldive, samudrra Hindia.

Di pulau yang berjarak 4,5 jam perjalanan laut dari Benteng, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar, itulah Posko Pusat Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Muda Taman nasional Taka Bonerate bermarkas sejak 1995.

Yang menjadi pembeda Pulau di pulau ini adalah anak hiu putih dan hitam, yang sepanjang hari bermain di garis pantai pulau ini.

Anak hiu seukuran betis dan paha oramg dewasa ini bermain di depan kantin dan cottage penginapan pulau.

Kehadiran hiu menjadi “penguni” pinggiran Pulau Tinabo diketahui sejak 2008. Itu pun tanpa sengaja, saat petugas jagawana buang usus ikan ke laut di depan kantin.

Feeding shark memang satu keunikan pulau itu. Anda bisa diving, snorkling, canoying, dan fishing.

Setidaknya ada 2300 spesis biota laut di sekitar ini, 97 jenis karang, 522 spesies ikan karang, 9 spesies lamun, 83 spesies makro alga, 290 jenis moluska, 4 spesies penyu, 8 jenis enchionodermata, 33 spesies burung, dan ratusan jenis mamalia lainnya.(*)

Penulis: Thamzil Thahir
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved