Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Pertanian, BPPP BPTP Sulsel Bimtek di Barru

Pelaksanaan bimtek tersebut dilakukan untuk peningkatan kapasitas penyuluh pertanian daerah.

Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Pertanian, BPPP BPTP Sulsel Bimtek di Barru
akbar hs/tribunbarru.com
Suasana kegiatan bimtek Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPPP), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), di Baruga Singkerru Ada'e Jl Sultan Hasanuddin, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel, Jumat (14/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPPP), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), melakukan bimbingan teknis (bimtek) bagia penyuluh pertanian Barru.

Kegiatan bimtek itu dilaksanakan di Baruga Singkerru Ada'e Jl Sultan Hasanuddin, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel, Jumat (14/9/2018).

Panitia Pelaksana dari BPPP BPTP Provinsi Sulsel, Repdita mengatakan pelaksanaan bimtek tersebut dilakukan untuk peningkatan kapasitas penyuluh pertanian daerah.

Menurutnya, bimtek serupa dilaksanakan di empat kabupaten di Sulsel. Namun, dari empat kabupaten yang mendapatkan program peningkatan kapasitas penyuluh, Barru mendapatkan program yang paling lengkap.

Baca: Dinas Pariwisata Pangkep Gelar Bimtek Kewirausahaan Ekonomi Kreatif

Baca: Pagi Ini, Pemkab Luwu Timur Gelar Bimtek 100 Smart City di Sasana Praja

"Jadi satu hari ini ada empat tempat kegiatan yang serupa, di antaranya di Kabupaten Barru, Bantaeng, Pangkep, dan Takalar, namun dari empat Kabupaten tersebut, Barru yang memiliki program paling lengkap," kata Repdita dalam sambutannya.

Dia menuturkan, lengkapnya program untuk Barru karena terdapat tiga peningkatan pertanian masyarakat.

Antara lain kegiatan kaji terap melalui peningkatan pertanian dan pemurnian sapi bali di Tanete Rilau, penggemukan sapi potong di Desa Tompo, Kecamatan Barru, serta bimbingan teknis bagi para penyuluh di lingkup Pemkab Barru.

"Barru ini mendapatkan tiga program dari pemerintah Provinsi Sulsel melalui Kementrian Pertanian BPPP BPTP provinsi Sulsel, dan inilah Kabupaten paling lengkap, maka kemudian kita inginkan peningkatan dan penyusunan dari penggemukan sapi yang ada di Barru ini," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Barru, Suardi Saleh, dalam mengharapkan agar para penyuluh pertanian bekerja aktif dan memunculkan inovasi serta mengembangkan diri dalam memberikan transfer pengetahuan kepada petani.

"Untuk meraih itu maka harus ada peningkatan kapsitas dalam penyuluhan ke depan nantinya," tuturnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Kepala BPTP Sulsel, Basir Nappu, Sekretaris Dinas Pertanian Barru, drh Ma'ruf, dan para penyuluh pertanian/ternak serta perwakilan kelompok tani-ternak se-Kabupaten Barru.(*)

Penulis: Akbar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved