Menang Lawan KPU Bulukumba, Muttamar Jadi Bacaleg Lagi

Di kantor Bawaslu, Ia hadir sebagai pemohon pada Sidang Adjudikasi Penyelesaian Sengketa Pemilu 2019 dengan agenda

Menang Lawan KPU Bulukumba, Muttamar Jadi Bacaleg Lagi
firki/tribunbulukumba.com
Andi Muttamar Mattororang 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Andi Muttamar Mattororang, datang ke Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bulukumba, di Jl Melati, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu, mengenakan songkok hitam dan baju hijau mudah bermotif batik, Rabu (29/8/2018) siang.

Di kantor Bawaslu, Ia hadir sebagai pemohon pada Sidang Adjudikasi Penyelesaian Sengketa Pemilu 2019 dengan agenda Pembacaan Hasil Keputusan.

Muttamar melakukan gugatan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, melalui Bawaslu, lantaran namanya dicoret dalam Daftar Pemilih Sementara (DCS), karena pernah menjadi terpidana kasus korupsi pada tahun 2010 silam. Saat itu ia masih menjabat sebagai Ketua DPRD Bulukumba.

Muttamar disebut melanggar PKPU 20 Tahun 2018, tentang pencalonan Bacaleg. Pada aturan tersebut dijelaskan bahwa seorang mantan narapidana korupsi, pencabulan anak dibawah umur dan bandar narkoba tidak dapat mencalonkan diri.

Namun, dalam sidang yang berlangsung kurang lebih selama dua jam tersebut, Muttamar justru dimenangkan oleh Bawaslu dengan beberapa alasan.

Salahsatu alasan yang diungkapkan oleh Komisioner Bawaslu Bulukumba, Bakri Abu Bakar, yakni penolakan mantan napi koruptor sebagai bacaleg, justru bertentangan dengan hukum yang berlaku di negara ini.

"Penolakan KPU terhadap mantan narapidana untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota melalui partai politik tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Bakri Abu Bakar.

Dalam putusannya, Bawaslu meminta KPU untuk memasukkan kembali nama Andi Mutammar Mattotorang dalam DCS.

"Kami meminta KPU Bulukumba untuk mematuhi keputusan paling lambat tiga hari setelah pembacaan putusan," tambahnya.

Halaman
123
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved