Aktif dalam Aksi Kemanusiaan, Basarnas Makassar Asuransikan 70 Relawan

Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Makassar menjamin asuransi jiwa kepada para relawan yang sedang melakukan aksi kemanusiaan.

Aktif dalam Aksi Kemanusiaan, Basarnas Makassar Asuransikan 70 Relawan
HANDOVER
Aktif dalam Aksi Kemanusiaan, Basarnas Makassar Asuransikan 70 Relawan 

Laporan wartawan Tribun-Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Makassar menjamin asuransi jiwa kepada para relawan yang sedang melakukan aksi kemanusiaan.

Hal tersebut ditandai dengan Memorandum Of Understanding (Mou) dengan BPJS Ketenagakerjaaan Makassar di kantor Basarnas Jl Bandara Sultan Hasanuddin, Makasssar, Kamis (26/7/2018).

Kepala Basarnas Makassar, Mustari mengatakan apa yang dilakukan ini sebagai wujud kepeduliaan terhadap relawan potensi SAR.

Di Makassar, terdapat 15 lembaga sosial dan kemanusiaan yang tercatat aktif melakukan misi kemanusiaan saat sedang terjadi musibah alam atau berasal dari kelalainan masyarakat.

Adapun asuransi ini menurutnya seperti kecelakaan pesawat, kapal tenggelam, longsor, banjir, dan berbagai musibah alam.

“Kami ingin melindungi relawan-relawan yang secara sukarela selalu turut serta membantu kami dalam melakukan pencarian dan pertolongan korban secara sukarela. Olehnya itu relawan ini patut diberikan penghargaan paling tidak saat ini kami harus memastikan keselamatan mereka untuk di asuransikan," katanya.

Ia menambahkan dalam kepemimpinan di Makassar, Mustari akan fokus pada kesejahteraan dan penguatan relawan.

Menurutnya memberikan pembekalan dan kesejahteraan kepada relawan, itu akan mengurangi beban korban musibah.

"Kita tidak menampik Basarnas bisa melakukan pertolongan pertama, tapi toh jika ada relawan pertolongan kepada korban apalagi dengan jumlah banyak pastinya akan selesai dengan cepat,"

Ia mengungkapkan para relawan tersebut terdaftar dalam dua program yakni diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan Iuran sebesar Rp. 16.800 perorang perbulan.

Terdata ada 70 Orang Relawan yang berasal dari organisasi-organisasi di Makassar ditanggun keselamatan kerjanya

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved