Piala Dunia 2018

Kroasia ke Final Piala Dunia 2018, ADS: Pantas Menang

Karena di babak pertama meski sempat tertinggal namun Kroasia tetap menguasai permainan di lapangan tengah

Kroasia ke Final Piala Dunia 2018, ADS: Pantas Menang
CITIZEN REPORTER
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Andi Darussalam Tabussala (tengah) melantik pengurus KONI Pinrang periode 2014-2018, Rabu (14/10/2015) di ruang pola kantor Bupati Pinrang. 

Laporan wartawan Tribun Timur Ilham Mulyawan

TRIBUN-TIMUR.COM MAKASSAR --Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Kroasia melangkah ke final Piala Dunia. Laga semifinal Kroasia Vs Inggris dimenangkan Kroasia dengan skor 2-1.

Pada laga yang dihelat di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Rabu (11/7/2018) atau Kamis dini hari WIB (12/7/2018), timnas Kroasia berhasil mengandaskan impian Inggris di semifinal Piala Dunia 2018.

Dengan skor imbang 1-1 pada waktu normal, Kroasia akhirnya bisa menang dengan skor 2-1 setelah laga menghelat waktu tambahan.

Mantan Ketua Badan Liga Indonesia yang juga tokoh sepakbola nasional, Andi Darussalam Tabussala menilai Luka Modric dan kawan-kawan memang pantas menang atas Three Lion -- julukan timnas Inggris.

"Kenapa saya bilang pantas menang, karena di babak pertama meski sempat tertinggal namun Kroasia tetap menguasai permainan di lapangan tengah yang dimotori Modric dan Ivan Rakitic sehingga kerjasama antar pemain jauh lebih baik dibandingkan Inggris,"ujar ADS - sapaan akrabnya, Kamis (12/7/2018).

Masuk babak kedua, Inggris menurutnya tak banyak berkembang permainannya. Justru Kroasia makin kuasai jalannya pertandingan. "Disini terlihat kelihaian pelatih Zlatko Dalic membaca permainan dimana terlihat sektor pertahanan sebelah kanan Inggris yang diisi Kyle Walker selalu kalah kecepatan. Maka dari sektor itulah serangan dibangun," ujar ADS.

Tak pelak, terjadilah gol penentu oleh Mandzukic yang berawal dari umpan sundulan Ivan Perisic yang mengarah ke muka gawang Inggris, Mario Mandzukic menyambut bola dengan bergerak di antara dua pemain lawan dan menyonteknnya pelan tetapi terarah.

"Saat perpanjangan waktu, ditunjang oleh kondisi fisik yang lebih baik serta determinasi tinggi untuk memenangkan pertandingan membuat Kroasia layak masuk final untuk berhadapan dengan Perancis. Ini sejarah bagi Kroasia, selamat,"pungkasnya. (*)

Penulis: Ilham Mulyawan
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved