Satpol PP Toraja Utara Tunda Eksekusi Bangunan Liar, Alasannya karena Belum Punya Helm

Jelasnya, ada empat titik yang sudah ditegur langsung oleh Bupati Kalatiku dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Toraja Utara

Satpol PP Toraja Utara Tunda Eksekusi Bangunan Liar, Alasannya karena Belum Punya Helm
risnawati/tribuntoraja.com
Kadis Satpol PP dan Damkar Toraja Utara, Yoel Tandiembong. 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Persoalan bangunan liar di bantaran sungai Kota Rantepao, Toraja Utara yang rencananya akan dijadikan kawasan kuliner, kini masih dalam proses peneguran.

Kepala Satpol PP dan Damkar Toraja Utara, Yoel Tandiembong mengatakan akan siap menjalankan penegakan peraturan daerah (Perda) dan peraturan bupati (Perbup).

"Semua yang terkait peraturan daerah dan peraturan bupati wajib kami jalankan, dan itu adalah perintah," ujarnya, Jumat (23/3/2018).

Jelasnya, ada empat titik yang sudah ditegur langsung oleh Bupati Kalatiku dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Toraja Utara, yaitu jembatan Tagari, Alang-alang kecamatan Kesu, lembah Keramat dan Karassik.

"Satu wilayah sudah kami bersihkan, tinggal tiga lokasi masih menunggu dinas terkait hasil tegurannya," tambah Yoel.

Dijelaskannya, apabila pemilik bangunan sudah diberi teguran hingga tiga kali dan tidak dilaksanakan membongkar sendiri, maka Satpol PP akan melakukan tiga tahap persuratan.

"Yaitu memberi persuratan pertama bongkar sendiri selama tujuh hari, dan surat kedua selama tiga hari dan yang ketiga tetap melakukan persuratan pembongkaran sendiri selama tiga hari lagi," ucapnya.

Apabila hingga surat ketiga tidak dilaksanakan juga, maka Satpol PP bersama Kepolisian dan TNI akan melakukan eksekusi langsung.

Yoel Tandiembong, sekaligus menyampaikan anggotanya masih kekurangan peralatan berupa tameng, helm, dan juga kendaraan mobil pengendalian masyarakat (Dalmas) atau kendaraan angkut pasukan.

"Kedepan kami akan mengusulkan kepada Bupati Kalatiku dan DPRD untuk memberikan anggaran pengadaan kendaraan Dalmas," tutupnya

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved