Kemendag Siapkan Platform untuk UKM, Ini Kata Ketua Apindo Makassar

Kementerian Perdagangan bersama Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) membahas teknis jenis Usaha Kecil Menengah (UKM) yang nantinya bisa go online

TRIBUN TIMUR/RASNI GANI
Muammar Muhayyang 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Ketua Dewan Pengurus Kabupaten/Kota (DPK) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Makassar, Muammar Muhayang menilai rencana pemerintah menyiapkan paltform untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) sangat baik.

Utamanya dalam mendorong adanya standar produk UKM, sehingga bisa dengan mudah untk masuk di pasar dan berkelanjutan.

Saat dihubungui, Jumat (23//2/2018) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. utamanya terkait kesiapan SDM dan beberapa kendala serta permasalahan yang akan dihadapi UKM itu sendiri.

"Kita berharap standar ini bisa menjadi bagian dari keberpihakan pemerintah kepada produk UKM agar dapat bersaing dan dilindungi dari perusahaan yang mempunyai modal dan SDM yang besar dan banyak," katanya.

Produk UKM tidak sekadar diproduksi karena ada permintaan, tapi diproduksi secara rutin karena sudah mempunyai pasar yang tetap dan banyak.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan bersama Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) membahas teknis jenis Usaha Kecil Menengah (UKM) yang nantinya bisa go online atau berdagang di marketplace besar di Indonesia.

Sebagai langkah awal, Kemendag dan idEA menyepakati untuk membuat semacam platform untuk menampung UKM berikut produknya yang sudah memenuhi standar dan kriteria tertentu supaya bisa bersaing dengan produk e-commerce lainnya.

"Daftar-daftar produknya akan kami buatkan platform-nya sendiri di kementerian ini, supaya netral. Jadi, masing-masing marketplace bisa mengakses atas produk UKM yang telah terakreditasi," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta, belum lama ini. (*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved