Lampu Kendaraan Zaman Now, Keren tapi Mengganggu

anak zaman now atau kalangan millenial pun merasa risih dengan efek silau lampu kendaraan tersebut. Berikut komentar beberapa millenial Makassar

Lampu Kendaraan Zaman Now, Keren tapi Mengganggu
int

DI ZAMAN now, hampir semua pabrikan kendaraan bermotor memasang lampu headlamp berjenis HID (High Intensity Discharge) maupun LED (Light-Emitting Diode) pada produk kendaraannya.

Sekilas, lampu ini memang membuat pandangan alias visibilitas pengemudi lebih terang ke depan jika dibandingkan dengan lampu lawas kendaraan sebelumnya yang berjenis halogen.

Namun, kenyataannya lampu LED atau HID yang kian tren digunakan pada kendaraan zaman now malah membuat pandangan pengguna jalan dari arah berlawanan menjadi terganggu karena bikin silau. Pandangan pengendara jalan dari arah berlawanan menjadi gelap, konsentrasi hilang, dan berpotensi memicu kecelakaan.

Bukan hanya itu, pantulan dari kaca spion kendaraan yang terkena pancaran cahaya lampu jenis LED/HID itu juga bisa menyilaukan pengguna jalan yang ada di depan kendaraan bersangkutan.

Memang sih lampu LED atau HID punya cahaya terang dan tahan lama dibandingkan lampu jenis halogen pada kendaraan di era sebelumnya. Tak heran jika lampu jenis ini dianggap keren tapi ternyata bikin mengganggu pandangan orang lain juga.

Bahkan, anak zaman now atau kalangan millenial pun merasa risih dengan efek silau lampu kendaraan tersebut. Berikut komentar beberapa millenial Makassar soal lampu kendaraan zaman now yang katanya keren tapi mengganggu tersebut.

ulyamaghfira
instagram.com/ulyamaghfira

Ulya Aulia Maghfira (17)
@Ulyamaghfira
Followers : 1.754
SMA 5 Makassar
"Jujur sih, cahaya lampu LED itu mengganggu penglihatan. Jadi konsentrasi saya ketika bawa kendaraan terganggu. Apalagi kalau sudah terang pakai lampu jauh lagi. Sebaiknya memberi kode kepada si pemilik lampu kendaraan jaman now itu untuk mengganti ke lampu dekat”

novandakezia
instagram.com/novandakezia

Novanda Kezia Amelia (16)
@novandakezia
Followers : 734
SMA 2 Makassar
"Menurutku ada bagusnya supaya bisa lebih terang lihat objek yang jauh pada malam hari. Saranku pengendara yang menggunkan lampu LED pada kendaraannya untuk tidak seenaknya”

Keukeu Ajisyah Nur
Keukeu Ajisyah Nur (HANDOVER)

Keukeu Ajisyah Nur (15)
@Keukeuajisyah.n
Followers : 1.650
SMK Telkom Makassar
"Kadang kendaraan jaman now itu banyak yang diubah-ubah, contohnya lampunya diubah jadi lampu LED yang berwarna dan sangat silau. Memang sih keren, tapi kan mengganggu. Harusnya keselamatan orang lain harus dipikirkan juga dong”

fikazhafira
instagram.com/fikazhafira

Fika Zhafira Yahya (20)
@fikazhafira
Followers : 1200
Universitas Muslim Indonesia Makassar
"Karena cahaya lampu yang kendaraan jaman now pakai itu sangat mengganggu penglihatan para pengendara lainnya terutama saya. Penggunaan lampu tersebut hanya mementingkan sebuah tren dan tidak memperhatikan segi kualitas dan itu sangat mengganggu”

alfanovita
instagram.com/alfanovita

Andi Alfa Novitasari Anis (19)
@ALFANOVITA
Followers : 2737
UMI Makassar
"Apalagi itu yang lampunya warna putih baru terang sekali, mata jadi silau kita jadinya tidak konsen. Boleh-boleh saja sih pakai lampu kayak begitu, yang jelas tau batasannya lah, dinyalakan juga di waktu-waktu tertentu”.(*)

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved