Lembangloe Jadi Desa Krisis Air Bersih, Bupati Gowa Hadirkan Pamsimas

Kabupaten Gowa kini memiliki 10 titik proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas)

Lembangloe Jadi Desa Krisis Air Bersih, Bupati Gowa Hadirkan Pamsimas
handover
Kabupaten Gowa kini memiliki 10 titik proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III yang tersebar di tujuh kecamatan dataran tinggi. Salah satu titiknya di Desa Lembangloe Kecamatan Biringbulu yang diresmikan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Selasa (16/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA- Kabupaten Gowa kini memiliki 10 titik proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III yang tersebar di tujuh kecamatan dataran tinggi.

Salah satu titiknya di Desa Lembangloe Kecamatan Biringbulu yang diresmikan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Selasa (16/1/2018).

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti, pengguntingan pita dan pembukaan kran air.

Disaksikan Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Taufiq Mursad, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Mundoap, Camat Biringbulu Yamin Basri, Para Tripika Kecamatan dan Masyarakat Desa Lembangloe.

Yamin Basri mengatakan jika Desa Lembangloe sering mengalami krisis air minum.

"masyarakatnya disini sangat sulit mendapatkan air bersih, sebab jarak yang harus ditempuh cukup jauh, dan itupun hanya satu titik saja, bahkan sering pula terjadi konflik internal untuk mendapatkan air bersih disini," jelasnya.

Adnan sendiri mengatakan, program penyediaan air minum ini merupakan salah satu program Kementrian PU dan Perumahan Rakyat guna menciptakan masyarakat hidup bersih dan sehat.

"Kehadiran pamsimas yang kita laksanakan di 10 desa ini, bisa digunakan seefektif dan efisien mungkin dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari agar kehidupan lingkungan makin baik dan kesehatan kita juga semakin baik," harapnya.

Untuk program pamsimas yang menggunakan anggaran 2017, terdapat 10 titik di tujuh Kecamatan, yakni Kecamatan Biringbulu, Bontolempangan, Parigi, Tombolopao, Manuju, Parangloe dan Kecamatan Biringbulu.

Delapan diantaranya didanai dari APBN dan dua lagi dari APBD Kabupaten Gowa. (*)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved