Ini Tips Kepala Puskesmas Padongko Barru Agar Terhindar dari Penyakit DBD

Menurutnya, munculnya kedua penyakit tersebut karena kurangnya penjagaan terhadap kebersihan lingkungan.

akbar/tribunbarru.com
Kepala Puskesmas Padongko, Titus MB. 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU. COM, BARRU - Kepala Puskesmas Padongko, Titus MB, berbagi tips agar terhindar dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan diare di musim hujan.

Menurutnya, munculnya kedua penyakit tersebut karena kurangnya penjagaan terhadap kebersihan lingkungan.

"DBD maupun Diare ini sangat rawan jika memasuki musim hujan seperti ini, oleh karena itu sanitasi lingkungan harus dijaga masyarakat," kata Titus kepada TribunBarru.com, Sabtu (25/11/2017).

Titus mengatakan, untuk mencegah penyakit DBD dan Diare, masyarakat harus mengaplikasikan tiga M yakni menguras, menutup dan mengubur.

Baca: Buat Aplikasi Sistem Peringatan Dini DBD, Kabag Informasi RSUD Syekh Yusuf Raih Gelar Doktor

"Maksdunya, menguras bak air kemudian menutup dengan baik dan mengubur sampah yang ada, dan jangan buang sampah di sembarang tempat. Tiga cara itu upaya memberantas sarang nyamuk," ucap Titus.

Mantan Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular dan Imunisasi Dinkes Barru itu menambahkan, untuk di wilayah Puskesmas Padongko, ada satu warga yang terkena DBD di 2016.

"Tapi untuk 2017 sampai saat ini, Alhamdulillah, belum ada dan mudah-mudahan tidak ada yang terkena. Karena itu kita juga sudah gencar melakukan sosialisasi jumantik," tutur Titus.(*)

Penulis: Akbar
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved