Ibadah Haji

Pemulangan Jamaah Haji Debarkasi Makassar Selesai, 38 Jamaah Meninggal di Tanah Suci

Sementara yang jamaah haji kembali dengan selamat melalui Debarkasi Makassar sebanyak 15.825 orang.

Penulis: Hasan Basri | Editor: Anita Kusuma Wardana
MUH ABDIWAN/TRIBUN TIMUR
Sejumlah penjemput melambaikan tangan saat jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama tiba di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (7/9). Sebanyak 454 haji ditambah seorang haji yang meninggal dalam perjalanan kloter pertama debarkasi Makassar tiba setelah usai menunaikan ibadah haji. 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Proses pemulangan jamaah haji debarkasi Makassar Hasanuddin dari tanah suci telah selesai. Kloter terakhir 35 telah tiba di asrama haji Sudiang , Makassar, Jumat (6/10/2017) sekitar pukul 09.59 Wita.

"Kloter 35 mengangkut 449 orang jemaah haji berasal dari berbagai daerah, seperti jamaah asal Kabupaten Bone, Gowa, Maros dan Makassar dan Barru," kata Pelaksana Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sulsel, Mawardy Siradj.

Pesawat Garuda yang mengangkut kloter tiba di Makassar melalui Bandara Internasional Hasanuddin. Selanjutnya mereka menuju Asrama Haji Sudiang menggunakan mobil yang telah disiapkan Petugas dari PPIH Embarkasi Debarkasi haji Makassar.

Kedatangan para jamaah ini sempat membuat situasi Asrama Haji Sudiang dipadati pengunjung dari keluarga jemaah jaji kloter terakhir ini. Bahkan, sejumlah keluarga yang akan menjemput jemaah hajinya mengaku sudah berada di asrama haji sejak subuh tadi.

Kedatangan para jamaah ini juga disambut langsung petugas dari PPIH embarkasi debarkasi haji Makassar beserta panitia jaji dari daerah asal jemaah haji kloter terakhir termasuk pemerintah daerahnya.

Mereka adalah Kepala Bidang penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel yang juga sekertaris PPIH Embarkasi Debarkasi Haji Makassar, Kaswad Sartono. Assisten I Pemkab Bone, Andi Muh. Yamin.

Kabag Kesra Pemkab Bone, Kakan, Kemenag Maros, Kasi PHU Kemenag Bone, Maros dan Gowa serta sejumlah pejabat Eselon III dan IV di lingkup Kanwil Kemenag Sulsel.

Sekertaris PPIH Embarkasi Debarkasi Haji Makassar, Kaswad Sartono menyampaikan total secara keseluruhan calon jamaah haji embarkasi Makassar yang diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 15.867 orang dari delapan provinsi di Indonesia Timur.

Sementara yang jamaah haji kembali dengan selamat melalui Debarkasi Makassar sebanyak 15.825 orang. Termasuk didalamnya 175 orang petugas kloter baik itu TPHI, TPIHI maupun TKHI.

"Selama prosesi pelaksanaan ibadah haji ada 38 orang yang wafat di Arab Saudi , ditambah satu orang jemaah haji yang wafat di pesawat saat perjalanan pulang yaitu Ibu Hj. Nurhayati Duri Mamma (54 tahun) Asal kloter 1 Makassar," ujarnya dalam rilis.

Jamaah yang dinyatakan meninggal di Saudi yakni dari Sulsel 13 orang, Sulbar 3 orang, Sultra 4 orang, Papua 2 orang, Maluku 7 orang, Maluku Utara 8 orang dan Gorontalo 2 orang

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved