Mulai Oktober, Korea Utara dan 7 Negara Lainnya Dilarang Masuk AS. Negara Apa Saja?

Larangan ini menggantikan larangan sebelumnya dari 6 negara mayoritas Muslim.

Mulai Oktober, Korea Utara dan 7 Negara Lainnya Dilarang Masuk AS. Negara Apa Saja?
VOA
Donald Trump 

TRIBUN-TIMUR.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali menerapkan larangan bepergian ke AS dari tiga negara.

Saat ini, total ada delapan negara yang dilarang masuk ke Amerika Serikat. Larangan ini menggantikan larangan sebelumnya dari 6 negara mayoritas Muslim.

"Saya harus bertindak untuk melindungi keamanan dan kepentingan AS dan warga negaranya," kata Trump pada akhir pekan lalu, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (25/9/2017).

Baca: Tak Lolos CPNS, Begini Curhan Mantan Pegawai Bank di Wajo Ini

Larangan baru ini berdampak pada perjalanan dari Iran, Libya, Suriah, Yaman, dan Somalia, yang juga tertera dalam larangan sebelumnya. AS juga akan menerapkan larangan bepergian dari Venezuela, Korea Utara, dan Chad (negara di Afrika).

Adapun Sudan tidak lagi masuk ke dalam daftar larangan. Departemen Keamanan Dalam Negeri AS akan memiliki kewenangan untuk menambah atau menghapus larangan bepergian dari negara-negara sepanjang ada perubahan kondisi.

Larangan baru tersebut akan berlaku efektif pada 18 Oktober 2017. "Departemen Luar Negeri akan berkoordinasi dengan lembaga-lembaga federal lainnya untuk mengimplementasikan pengukuran-pengukuran secara teratur," ujar Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dalam pernyataannya.

Baca: Panaskan Mesin Partai, Gerindra Sulsel Konsolidasi dengan Kader di Sinjai

Plt Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Elaine Duke telah mengirimkan rekomendasi kepada Trump terkait larangan masuk ke AS dan tambahan persyaratan visa. Asesmen mengenai risiko infiltrasi teroris juga telah dilakukan.

"Larangan yang diumumkan ini (bersifat) keras dan disusun dengan baik, dan telah dikirimkan pesan kepada pemerintah negara (di luar AS) bahwa mereka harus bekerja sama dengan kami untuk meningkatkan keamanan," jelas Duke.

Larangan bepergian tersebut dipandang dapat meningkatkan ketegangan geopolitik di seluruh dunia. Pasalnya, Trump sendiri terlibat dalam panasnya retorika melawan pemerintahan Iran, Korea Utara, dan Venezuela. (*)

Berita ini sudah diterbitkan di Kompas.com dengan judul Trump Terapkan Larangan Bepergian ke AS dari 8 Negara

Baca: Secara Bulanan, Penjualan Wholesales Toyota Tumbuh 3.069 Unit

Editor: Sakinah Sudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved