Hubungan AS dan Korea Utara Kian Memanas.Benarkah Presiden Trump Sudah “Umumkan Pernyataan Perang”?

"Seluruh dunia harus tahu bahwa Amerika-lah yang pertama-tama memberlakukan perang kepada negara kami,"kata Ri kepada para wartawan, Senin (25/9/2017)

Hubungan AS dan Korea Utara Kian Memanas.Benarkah Presiden Trump Sudah “Umumkan Pernyataan Perang”?
Tribunnews.com
Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho berbicara di muka Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di markas besar PBB di New York, 23 September 2017. (AFP/JEWEL SAMAD) 

TRIBUN-TIMUR.COM - Hubungan Amerika Serikat (AS) dengan Korea Utara (Korut) semakin memanas. Perang retorika antara keduanya terus berlanjut.

Pemerintah Korut menyatakan, penegasan Presiden AS, Donald Trump, bahwa pemimpin Korut tak akan bertahan lama “adalah pernyataan perang”.

Saat berbicara di New York, Menteri Luar Negeri Korut, Ri Yong Ho, mengatakan, militer Korut sekarang berhak untuk menembak jatuh pesawat-pesawat pengebom AS meski pesawat tersebut berada di luar wilayah udara Korut.

Baca: Gunung Agung Erupsi, Makassar Air Traffic Service Center Siagakan 6 Bandara Ini

Ri mengatakan masyarakat internasioal harus memahami bahwa Washington yang pertama kali menyatakan perang.

"Seluruh dunia harus tahu bahwa Amerika-lah yang pertama-tama memberlakukan perang kepada negara kami," kata Ri kepada para wartawan, Senin (25/9/2017).

Ri mengeluarkan pernyataan ini sebelum meninggalkan New York, setelah menghadiri pertemuan Majelis Umum PBB yang diselenggarakan pekan lalu.

Baca: Robert Waspadai Karakteristik Permainan Persipura yang Lincah dan Kuat

"Terkait dengan pernyataan perang yang dikeluarkan Trump ini, maka semua opsi sekarang ada di tangan pemimpin Korea Utara," tambahnya sebelum berangkat menuju bandar udara.

Kata-katanya ini adalah ulangan dari pernyataan senada yang disampaikan oleh Trump yang menyebutkan dirinya memegang semua opsi untuk menangani program nuklir dan pengembangan senjata oleh Korea Utara yang mengancam Amerika.

Halaman
12
Editor: Sakinah Sudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved