RSGM Unhas Gelar Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

Sebelumnya, Direktur Utama RSGM Unhas, drg M Ruslin MKes SpBM mengatakan, untuk mencapai akreditasi A, RSGM Unhas cukup menambah dua dokter

RSGM Unhas Gelar Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi
dent.unhas.ac.id
Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Hasanuddin (Unhas) di Jl Kandea No 5 Makassar 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Hasanuddin (Unhas) menargetkan perolehan akreditasi paripurna atau A dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada pertengahan tahun 2017.

KARS merupakan lembaga resmi yang ditunjuk dan berwenang untuk melakukan survei verivikasi dan survei akreditasi, untuk selanjutnya memutuskan predikat akreditasi yang tepat untuk suatu rumah sakit.

Salah satu upaya untuk meraih akreditasi tersebut, yakni melalui mutu dan profesionalitas seluru staf, baik tenaga medis maupun non medis.

Untuk itu, RSGM Unhas menggelar In House Training Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPl) bagi tenaga medis dan non media di Hotel Remcy, 14-15 Januari 2017.

Dalam kegiatan ini menghadirkan sejumlah pemateri, yakni Ketua PPI RS Wahidin Sudirohusodo dr Sudirman Katu SpPD-KPTI FINASIM, serta Komite PPI RSGM Unhas drg M Irfan Rasul SpBM dan Irfan Madamang SKep Ns MM.

"Ada sekitar 200 peserta yang mengikuti kegiatan ini, mulai dari dokter penanggung jawab pasien, staf non medis, apoteker, residen, perwakilan koasisten, cleaning service hingga sekuriti rumah sakit,"katanya ketua panitia, drg M Ikbal SpPros.

Sebelumnya, Direktur Utama RSGM Unhas, drg M Ruslin MKes SpBM mengatakan, untuk mencapai akreditasi A, RSGM Unhas cukup menambah dua dokter spesialis, yaitu dokter spesialis anak dan dokter spesialis penyakit dalam.

"Saat ini kita tinggal menambah dokter spesialis anak dan penyakit dalam untuk meraih akreditasi A sesuai dengan hasil survei dari pusat karena tinggal itu kekurangan kita,"ujarnya beberapa waktu lalu.

Buka 24 Jam

Rumah sakit yang berada di Jl Kandea No 5 Makassar ini menyediakan layanan kegawatdaruratan (emergency) gigi dan mulut, radiologi gigi, dan apotek selama 24 jam.

Keberadaan RSGM Unhas pun menjadi solusi dan jawaban karena belum adanya akses kesehatan masyarakat selama ini yang bersifat siaga 24 jam.

"Layanan tersebut kita buka untuk semua masyarakat umum untuk memudahkan mengakses layanan kesehatan gigi dan mulut di masa-masa yang akan datang," kata drg Ruslin

Penulis: Anita Kusuma Wardana
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved