Breaking News:

Aksi Berantas Pungli di Sulsel

Kasus OTT di Pabaengbaeng dan Maccopa Masih Lanjut

Dirkrimsus Polda Sulsel Komisaris Besar (Kombes) Pol Hery Dahana mengatakan, saat ini kasus pasar Pabaeng-baeng yang telah menersangkakan kepala pasar

Penulis: Darul Amri Lobubun | Editor: Ina Maharani
TRIBUN TIMUR/DARUL AMRI
Direktur Krimsus Polda Sulsel Kombes Pol Hery Dahana (Kiri) dan Kabid Humas Kombes Pol Frans Barung Mangera (Kanan) saat gelar kasus Tipikor Lab FT UNM. 

Makassar, Tribun - Pihak Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel masih lakukan penyelidikan atas kasus penjualan Lods atau Mark Up di pasar Tradisional Pabaengbaeng Makassar.

Dirkrimsus Polda Sulsel Komisaris Besar (Kombes) Pol Hery Dahana mengatakan, saat ini kasus pasar Pabaengbaeng yang telah menersangkakan kepala pasar LM (40) masih terus berkembang.

"Kasusnya masih berjalan, beberapa waktu lalu kami juga telah memeriksa beberapa saksi seperti dirops PD Pasar Makassar, dalam waktu dekan ini juga kita akan gelar perkara," kata Hery, Minggu (4/12/2016).

Kasus penjualan Lods pasar Pabaengbaeng itu diungkap Tim Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Ditreskrimum Polda Sulsel saat menangkap LM di Pabaeng-paeng pada tanggal 27 Oktober 2016.

LM ditangkap karena melakukan Mark Up dengan menjual Lods yang tidak sesuai. Ada 30 unit Lods di pasar Pabaengbaeng Timur dengan harga jual 2,250 Juta perunit. Tapi dijual 20 dan 30 Juta rupiah.

Kasus tersebut pun dilimpahkan ke Direskrimsus untuk kemudian dikembangkan. LM ditahan hingga kini, Direktur Operasional (Dirops) PD Pasar Japri Timbi juga sebelumnya diperiksa penyidik.

Heri mengungkapkan, keterkaitan tersangka LM dan Dirops PD Pasar Makassar tentu ada kaitannya. Tapi pihak penyidik belum bisa memastikan ada tersangka baru karena pihaknya masih lakukan penyidikan.

"Memang ada yang mengarah kesana untuk tersangka baru tapi kita lakukan lebih dulu gelar perkara, kami juga belum limpahkan berkas kasus ini ke pihak kejaksaan tapi kami berharap secepatnya," jelas Heri.

Selain kasus OTT Pasar Pabaengbaeng kota Makassar. Pihak penyidik Subdit IV Tindaka Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreakrimsus Polda juga menangani kasus Pungutan Liar (Pungli) di jembatan Timbang Maccopa, Maros.

Dalam kasus ini, Heri mengungkapkan, kasus tersebut masih tetap berjalan, beberapa orang yang sebelumnya ditangkap juga masih jalani penahanan sembari penyidik terus lakukan pengembangan dan penyidikan saksi lain.

"Kasus jembatan timbang maccopa masih tetap berjalan penyidikannya, tersangkanya kalau tidaj salah ada lima sampai enam orang yang kami tahan, nanti kasus ini dilanjut oleh direktur yang baru," ungkap Heri.

Diketahui, Kombes Heri akan mengikuti Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua kota Makassar, Senin (5/12/2016) bersama beberapa pejabat utama Polda Sulsel. (Dal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved