Istri Rektor Unibos Raih Doktor di PPs UNM

Bunga Dara menjelaskan, perangkat yang dikembangkannya ini dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam pemecahan masalah pada beberapa aspek.

HANDOVER/HUMAS PPS UNM
Bunga Dara Amin, Istri rektor Universitas Bosowa (Unibos), Prof Muh. Saleh Pallu, berhasil meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Pendidikan di Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar, Senin (14/3/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Bunga Dara Amin, Istri rektor Universitas Bosowa (Unibos), Prof Muh. Saleh Pallu, berhasil meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Pendidikan di Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar, Senin (14/3/2016).

Dalam sidang ujian promosi doktornya yang berlangsung kurang lebih dua jam, Bunga Dara, berhasil mempertahankan hasil penelitianya yang berjudul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Hypermedia dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa.

Menurut wanita yang merupakan dosen Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM ini, penelitiannya tersebut dilakukan beradasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 terkait kewajiban seorang guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran.

"Teknologi saat ini menunjang guru dan dosen dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis hypermedia pada materi yang bersifat abstrak," tuturnya dalam rilis yang diterima Tribun.

"Dari hasil penelitian ini juga akan menghasilkan suatu perangkat pembelajaran fisika berbasis hypermedia yang valid, menarik, peraktis dan efektif," tambahnya.

Bunga Dara menjelaskan, perangkat yang dikembangkannya ini dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam pemecahan masalah pada beberapa aspek pembelajaran fisika.

"Perangkat pembelajaran berbasis hypermedia yang dikembangkan telah memenuhi syarat kategori, yaitu kevalidan, kemenarikan, kepraktisan, dan keefektifan," jelasnya.

Selaku pimpinan sidang ujian promosi, Prof. Jasruddin mengatakan, semangat Bunga Dara yang pernah mengajar dirinya semasa kuliah dulu patut ditiru oleh yang masih muda.

"Semangat Ibu Bunga Dara patut dicontoh, kelihatannya masih banyak yang lebih muda tapi belum belum selesai-selesai kuliahnya," kata Jasruddin.

Selain Prof Jasruddin hadir pula Prof Alimuddin Mahmud selaku promotor, Prof Muhris selaku ko promotor, Prof Arifin Ahmad selaku Ketua Prodi, Prof Darman Manda dan Prof Syamsul Bahri Thalib selaku tim penguji. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved