Johan, Juara Dunia yang Jadi Guru Pencak Silat

Johan pun mulai melatih di perguruan pencak silat "Tapak Suci" cabang Takalar, dua bulan terakhir ini.

Johan, Juara Dunia yang Jadi Guru Pencak Silat
TRIBUN TIMUR/ WA ODE NURMIN
Pelatih Pencak Silat Tapak Suci Cabang Takalar, Johan

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, TAKALAR- Berawal dari sedikit rasa keprihatinan akan dunia olahraga, terkhusus olahraga beladiri pencak silat di Takalar, Johan (23), memilih untuk menjadi guru.

Keinginan ini pun dikarenakan basic Johan yang seorang juara dunia pencak silat sebelumnya.

"Awalnya memang karena saya melihat di Takalar tidak ada sama sekali olahraga pencak silat. Jadi saya berinisiatif untuk membuka perguruan pencak silat disini, " kata Johan yang berhasil merebut gelar juara dunia pada World Championship Pencak Silat di Thailand 2012 lalu.

Johan pun mulai melatih di perguruan pencak silat "Tapak Suci" cabang Takalar, dua bulan terakhir ini.

Dengan bantuan Daeng Tutu dan Daeng Romo yang merupakan ketua dan sekretaris Tapak suci cabang kodim Takalar, Johan membuka pelatihan di Makodim Takalar.

"Saya niat membantu dari hati nurani tanpa bayaran. Murni hanya ingin mengembangkan pencak silat di Takalar, " ujarnya.

Pemuda kelahiran Bantaeng 19 April 1992 ini mengaku sudah menyukai olahraga bela diri tersebut sejak kecil. Dia lahir ditengah keluarga atlet silat. Juara Sea Games Vietnam bidang pencak silat 2003, Andi Irsan Anwar, menjadi sosok idola yang membuatnya jadi sekarang ini.

"Untuk itulah saya sangat berterima kasih kepada Dandim Takalar, Letkol Inf Wirawan Eko Prasetyo, karena mau memfasilitasi kegiatan latihan agar berjalan lancar sehingga dapat menghasilkan atlet dengan prestasi yang diharapkan," ujarnya.

Sekarang, Johan yang sedang mempersiapkan diri ikut PON Jawa Barat ini berharap adanya dukungan dan bantuan dari pemerintah Kabupaten Takalar, untuk lebih memperhatikan olahraga khususnya pencak silat.

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved