Wisata Sulsel

Roti Mantao, Kuliner Khas Parepare yang Wajib Dibawa Pulang

Roti Mantao dijual seharga Rp 35 ribu per bungkus.

Roti Mantao, Kuliner Khas Parepare yang Wajib Dibawa Pulang
TRIBUN TIMUR/MUTMAINNAH
Roti Mantao, kuliner khas kota Parepare, Sulawesi Selatan. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muthmainnah Amri

TRIBUN-TIMUR.COM, PAREPARE - Jika mengunjungi Kota Parepare, Sulawesi Selatan, tidak sah jika tak mencicipi kuliner khas kota ini. Maka tersohorlah Roti Mantao. Namanya unik, seunik rasanya.

Pertanyaannya kemudian, apa yang membedakan roti Mantao dengan roti lainnya yang bebas dijual di pasaran. Atau roti yang terkenal dan bermerek dengan aneka rasa, mulai rasa coklat, keju, strawberry atau kacang. Padahal Mantao hanya terbuat dari bahan roti standar, seperti tepung terigu, air, gula, susu dan ragi.

Di Parepare pun tersebar pedagang roti Mantao. Dapat dengan mudah dijumpai dengan pilihan harga beragam. Namun yang recommended bagi pelancong dan mudah dijumpai, berada di Toko Sinar Terang.

Toko ini hampir tak pernah sepi. Pembelinya datang dan pergi. Bahkan di bulan Ramadan yang berpotensi pembelinya sepi, tak membuat pemilik toko Sinar Terang gulung tikar.

Toko Sinar Terang berada di pusat kota Parepare, Jl Bau Massepe No 269. Persisnya bersebelahan dengan cafe yang baru dibuka di Parepare, Cafe De Luna.

Toko ini menjual aneka kue khas Sulawesi Selatan. Namun roti Mantao tetap menjadi primadona karena pelancong lebih penasaran dengan rasa yang ditawarkan.

Di toko Sinar Terang, roti Mantao dijual seharga Rp 35 ribu per bungkus. Sebungkus itu berisi tujuh kantong, kemudian sekantong itu dibungkus lagi tiga biji. Nah 1 biji itu ukurannya besar. Bisa dibelah dua jika kebesaran untuk dikunyah.

Jika lazimnya roti, jika dibeli langsung bisa dimakan. Namun Mantao harus digoreng terlebih dahulu. Digoreng memakai minyak goreng, bukan minyak bekas.

Setelah digoreng, Mantao yang awalnya berwarna putih pucat berubah menjadi kecoklatan. Maka Mantao pun siap disantap. Rasanya empuk, garing, gurih dan sederhana. Karena Mantao hanya memiliki rasa original. Paling cocok ditemani teh hangat. Bisa juga menjadi penganan buka puasa.

Nah, jika kebetulan berada di Kota Makassar dan tak memiliki waktu cukup banyak mengunjungi Kota Parepare, toko Sinar Terang memiliki cabang di Makassar. Tepatnya di Jl Sungai Saddang Baru No 62 D. (*)

Penulis: Mutmainnah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved