Hari Aids Sedunia

Heart Unhas Peringati Hari AIDS Sedunia

Hearts Unhas merupakan forum bagi mahasiswa di Unhas yang fokus pada pendidikan kesehatan reproduksi manusia

Heart Unhas Peringati Hari AIDS Sedunia
kenali gejala hiv aids

MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM--Pusat Informasi dan Konseling, Health Education Of Reproductive Teenagers (Heart) Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan kampanye peringatan hari AIDS sedunia, Minggu (1/12/2013) di Pintu 1 Unhas.

Hearts Unhas merupakan forum bagi mahasiswa di Unhas yang fokus pada pendidikan kesehatan reproduksi manusia. Kampanye dilakukan dengan memberikan selebaran mengenai fakta seputar HIV/AIDS, pita merah serta Pin.

Koordinator Kampanye, Muhammad Abdillahtulkhaer mengatakan Heart Unhas yang kini telah mencapai enam angkatan setiap tahunnya rutin mengadakan kampanye peringatan Hari AIDS sedunia.

"Melalui aksi kampanye ini kami mengharapkan masyarakat dapat mengubah mind set mereka terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA), dimana masih banyak masyarakat yang bersikap diskriminatif terhadap kaum ODHA,"ujarnya.

Mahasiswa Fisioterapi tersebut menjelaskan diskriminasi terhadap kaum ODHA disebabkan kurangnya informasi yang diperoleh masyarakat mengenai penyebaran virus HIV.

Di samping itu, melalui kampanye tersebut, Andil dan teman-temannya berupaya memberikan penjelasan mengenai penyebaran virus HIV pun tidak menular melalui aktivitas bersalaman, pelukan ataupun ciuman, berenang bersama, gigitan nyamuk, terpapar batuk atau bersin, penggunaan toilet bersama ataupun berbagi makanan dan minuman dengan alat makan bersama.

"Selama ini stigma masyarakatkan bahwa kaum ODHA masih bersikap diskriminatif. Padahal virus HIV bisa menular melalui hubungan seks berganti-ganti pasangan, penggunaan jarus suntik bersama atau tidak steril serta ibu yang positif HIV bisa menularkannya kepada anaknya, "tambahnya.

Menurutnya, tekanan kaum ODHA saat dinyatakan positif akan lebih berat lagi ketika masyarakat bersikap mengucilkan mereka di masyarakat.

"Kaum ODHA tidak ada bedanya dengan kita, mereka memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan orang yang tidak terkena virus HIV. Disini kami pun mengkampanyekan jauhi virusnya bukan orangnya,"ujarnya

Penulis: Anita Kusuma Wardana
Editor: Muh. Taufik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved