Persoalan Sampah Rumah Tangga di Luwu Utara Belum Teratasi

Persoalan sampah rumah tangga ternyata belum teratasi di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Persoalan Sampah Rumah Tangga di Luwu Utara Belum Teratasi
Humas Pemkab Luwu Utara
Sosialisasi Kebijakan dan Strategi Kabupaten Luwu Utara Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga di Aula Lagaligo Kantor Bupati Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Masamba, Selasa (23/4/2019). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Persoalan sampah rumah tangga ternyata belum teratasi di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Olehnya itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat menggelar 'Sosialisasi Kebijakan dan Strategi Kabupaten Luwu Utara Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga' di Aula Lagaligo Kantor Bupati Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Masamba, Selasa (23/4/2019).

Kepala DLH Luwu Utara, Buramin Dannu, menyebut, kegiatan ini untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada semua pemangku kepentingan tentang paradigma baru pengelolaan sampah.

Selain itu, juga untuk membangun pemahaman yang sama tentang paradigma baru kebijakan dan strategi pengelolaan sampah.

"Membangun komitmen bersama pemangku kepentingan serta pencanangan gerakan Luwu Utara bersih sampah tahun 2025," terang Buramin.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Luwu Utara, Syamsul Syair, mengungkapakan bahwa berdasarkan hasil riset, Indonesia merupakan negara kedua penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia.

Olehnya itu dibutuhkan upaya yang sistematis, komprehensif, integrasi dan melibatkan pemangku kepentingan dalam rangka mengatasi masalah persampahan.

Berdasarkan Perpres nomor 97 tentang kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga mengamanatkan pergeseran paradigma pengelolaan sampah yakni pengelolaan sampah secara terintegrasi dari hulu ke hilir.

"Dimulai dari sumber sampai ke pemrosesan akhir dan harus melibatkan seluruh pemangku kepentingan," ujar Syamsul.

Laporan Wartawan TribunLutra.com, chalik_mawardi_sp

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved