Akhir Maret, BRT Mamminasata Layani Rute Bulukumba-Makassar-Pasangkayu PP

Permintaan pelayanan ini, karena banyaknya perantau atau warga Bulukumba yang bekerja di daerah perbatasan Sulbar dan Sulteng itu.

Akhir Maret, BRT Mamminasata Layani Rute Bulukumba-Makassar-Pasangkayu PP
SALDY
Gubernur Sulawesi Selatan H Syahrul Yasin Limpo akhirnya meresmikan trayek baru BRT Mamminasata, kampus Unhas Tamalanrea-Fakultas Teknik Gowa, Senin (30/10/2017). 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Armada Bus Rapid Transit (BRT) yang sedianya melayani warga kota Makassar akan dialihkan ke rute baru.

Rencananya akhir Maret 2019, Perum Damri sebagai pengelola BRT Mamminasata akan melayani warga Bulukumba (Sulsel) - Pasang Kayu (Sulbar) begitu pula sebaliknya.

Generasi Manager Perum Damri Makassar, M Ilyas mengatakan pelayanan Bulukumba - Pasang Kayu ini atas permintaan Pemkab Bulukumba dan Pasang Kayu sebagai daerah tujuan.

Permintaan pelayanan ini, karena banyaknya perantau atau warga Bulukumba yang bekerja di daerah perbatasan Sulbar dan Sulteng itu.

"Jadi kita juga akan layani masyarakat yang akan dilalui oleh bus kita," ujar Ilyas, Kamis (14/3/2019)

Ilyas mengatakan rute Bulukumba - Pasang Kayu ini adalah rute pertama yang dirintis oleh Perum Damri.

"Jadi kita yang pertama membangun rute baru ini, Damri kan hadir memang sebagai perintis transportasi darat yang tidak dilalui angkutan komersil (swasta)," katanya.

Dari hasil kajian, jarak tempuh Bulukumba - Pasang Kayu itu akan memakan waktu 18 jam perjalanan dengan jarak tempuh 853 km.

Untuk tarifnya, Perum Damri akan memberikan subsidi kepada warga sehingga harga yang akan dikenakan tarifnya hanya sebesar Rp 250 ribu.

Tarif ini selisih Rp 30 ribu dengan angkutan komersil pelayanan rute Makassar - Pasang Kayu.

"Jadi kita lebih murah, jaraknya pun kita lebih jauh. Komersil itu Makassar - Pasang Kayu Rp 280 kalau kami 250 dengan star di Bulukumba," katanya.

Jarak Makassar - Pasang Kayu sendiri itu sekitat 700 km.

Sekedar diketahui, rencana launcing pelayanan ini akan dilakukan di Kantor Bupati Bulukumba. (sal)

Laporan wartawan tribun-timur.com, Saldy

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved