Dukung Pemanfaatan Teknologi dalam Pemberdayaan UMKM, GOJEK Meriahkan Pekan Raya Samarinda 2019

Hal ini sejalan dengan visi dan misi GOJEK dalam membantu meningkatkan taraf hidup pekerja sektor informal dan memajukan potensi UMKM

Dukung Pemanfaatan Teknologi dalam Pemberdayaan UMKM, GOJEK Meriahkan Pekan Raya Samarinda 2019
Dokumentasi Gojek
Dari Kanan-Kiri, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UMKM Kota Samarinda Sitti Jauzah SE dan District Marketing Manager Samarinda GOJEK Aryo Agung Bernadi saat bincang inspiratif mengenai Pemberdayaan UMKM dan Pemanfaatan Teknologi Kerakyatan. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Gojek turut berpartisipasi di Pekan raya Samarinda 2019. Acara tersebut diselenggarakan untuk menyambut HUT ke 351 Samarinda dan HUT ke 59 pemerintah Kota Samarinda.

Tujuan diadakannya acara ini untuk menginformasikan pencapaian kemajuan pembangunan di Kota Samarinda kepada masyarakat terkait pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) serta digitalisasi layanan publik yang tengah gencar dilakukan pemkot dalam visinya menuju smart city.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi GOJEK dalam membantu meningkatkan taraf hidup pekerja sektor informal dan memajukan potensi UMKM dalam pemanfaatan teknologi.

Head of Regional Corporate Affairs for East Indonesia GOJEK, Mulawarman , mengatakan Samarinda memiliki potensi wisata kuliner yang beragam, alam yang cantik, hingga budaya yang kaya. GOJEK berkomitmen mendukung Pekan Raya Samarinda menjadi ajang untuk menyalurkan potensi UMKM Samarinda kepada khalayak ramai.

"Dalam Pekan Raya Samarinda ini, GOJEK menghadirkan layanan GO-RIDE, pengantaran makanan GO-FOOD dan pembayaran nontunai GO-PAY dengan cash back 30% maksimal Rp10.000 agar pengunjung dapat menikmati festival dengan nyaman," tuturnya dalam rilis Gojek yang diberikan kepada Tribun Timur.

Mulawarman melanjutkan, Pekan Raya Samarinda yang diikuti oleh 125 tenant didukung oleh kehadiran layanan pembayaran nontunai melalui layanan GO-PAY bayar di tempat (offline acceptance).

"Cukup dengan memanfaatkan kode QR GO-PAY yang tersedia pada setiap tenant booth, para pengunjung sudah dapat melakukan transaksi dan membeli makanan favorit," katanya.

Hal ini diharapkan dapat semakin memberikan kemudahan bertransaksi, baik bagi para tenant maupun pengunjung.

Kemudahan ini pun diharapkan dapat membantu para tenant supaya bisa memiliki pencatatan arus kas yang lebih baik dan tidak bingung dengan uang kembalian.

Kehadiran GOJEK ini pun disambut baik oleh Sitti Jauzah, SE Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro -Dinas Koperasi dan UMKM kota Samarinda.

"Kami sangat mengapresiasi GOJEK dalam menyukseskan acara tahunan Pemerintah Samarinda ini. Kami pun mendorong kolaborasi
antara pemerintah dan perusahaan teknologi seperti GOJEK agar masyarakat Kota Samarinda dapat semakin merasakan banyak kemudahan yang didukung oleh teknologi," katanya.

Sitti menambahkan kehadiran inovasi berupa pembayaran menggunakan GO-PAY diharapkan dapat membantu meningkatkan volume transaksi yang dilakukan selama perhelatan Pekan Raya Samarinda dan memecahkan rekor transaksi tahun-tahun sebelumnya.

Demi mendukung misi ini, selain layanan GO-PAY offline pengunjung Pekan Raya Samarinda yang lelah berkeliling bisa menikmati layanan pijat dari tenaga profesional GO-MASSAGE di booth GOJEK hanya dengan membayar Rp 1 saja. Semua layanan ini selain memberikan kemudahan bagi pengunjung juga memberdayakan mitra GOJEK di Samarinda. Komitmen GOJEK dalam mendorong kesejahteraan mitra driver dan merchants terbukti turut berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia.

Hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) tahun 2017 mengungkapkan, GOJEK telah berkontribusi Rp 8,2 Triliun per tahun dari penghasilan mitra driver dan Rp 1,7 Triliun dari mitra UMKM terhadap perekonomian nasional.

GO-JEK memiliki misi untuk memberikan manfaat sosial semaksimal dan seluas mungkin bagi jutaan masyarakat Indonesia. Melalui dukungan pada Pekan Raya Samarinda, GOJEK berharap manfaat tersebut bisa langsung dirasakan masyarakat Samarinda dan sekitarnya.

Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved