Libatkan Siswa dan Guru, Himaprodi PBSI UNM Gelar Seminar Literasi

Kegiatan ini dihadiri para guru, para siswa SMP dan SMA, serta sejumlah pimpinan unit kerja lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru.

Libatkan Siswa dan Guru, Himaprodi PBSI UNM Gelar Seminar Literasi
Akbar/Tribunbarru.com
Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar literasi di gedung Bola Soba'e Jl Sultan Hasanuddin, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (31/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU. COM, BARRU - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia atau Himaprodi PBSI Universitas Negeri Makassar atau UNM menggelar seminar Literasi di gedung Bola Soba'e Jl Sultan Hasanuddin, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (31/1/2019).

Kegiatan ini dihadiri para guru, para siswa SMP dan SMA, serta sejumlah pimpinan unit kerja lingkup Pemkab Barru.

Seminar yang berlangsung sehari ini mengambil tema generasi cerdas berkrakter melalui Literasi.

Baca: Ini Penyakit yang Wajib Diwaspadai Ibu Hamil, Salah Satu Dialami Artis Saphira Indah saat meninggal

Baca: Sambangi Kantor Perusda Sulsel, Istri Gubernur Temukan Perabot Bekas

Baca: Ayam Potong di Pasar Mattirowalie Barru Turun Harga

Sejumlah pemateri yang mengisi kegiatan ini antaralain, Kadis Pendidikan Barru, Dr Ir Andi Bustan, perwakilan dari Kemendikbud, Akhiruddin, dosen UNM, Asri S dan Pengawas SMP Dinas Pendidikan Barru, Badaruddin Amir.

Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh yang hadir membuka seminar literasi mengatakan, seminar ini menjadi inspirasi untuk menambah minat baca seiring dengan era kebangkitan Iptek.

Kelah diharapkan dapat membentuk krateristik, kompetensi dari literasi generasi menjadi lebih kuat.

"Literasi setidaknya diharapkan meningkatkan kecerdasan siswa, sehingga dapat menjadi sarana siswa dalam mengenal dan memahami ilmu, baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar," kata Suardi Saleh.

Program gerakan literasi ini menurut mantan Kadis PU Pinrang itu, merupakan perwujudan nawacita pembangunan yang terkait dengan pendidikan.

Olehnya itu, kata dia, peningkatan SDM ke depannya harus lebih kita tingkatkan.

"Literasi dalam pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman, keterampilan menulis, dan keterampilan dalam berkomunikasi secara menyeluruh. Ketiga hal ini akan bermuara kepada pengembangan dan pembangunan karakter dan kemampuan berpikir," tandasnya.

Sementara itu, Ketua umum Lembaga Himaprodi PBSI UNM, Ilham mengatakan, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan semangat literasi terhadap siswa dan diharapkan kepada guru agar lebih giat melakukan gerakan literasi kepada siswanya.

"Terima kasih kepada pihak Pemkab Barru yang telah mendukung kegiatan UNM di Barru ini. Semoga kerjasama antara lembaga Himaprodi PBSI UNM dengan pemerintah daerah terus terjalin dengan baik dalam memajukan pendidikan," tuturnya. (*)

Penulis: Akbar
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved