Tribun Health

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Gigi Anak Menghitam, Berikut Penjelasannya

Kesehatan anak jelas sangat penting diperhatikan oleh orang tua. Maka dari itu, kenali sejak dini penyakit yang bisa saja menyerang buah hati.

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Gigi Anak Menghitam, Berikut Penjelasannya
dok.pribadi
Dr drg H Masriadi SKM MKes MH 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kesehatan anak jelas sangat penting diperhatikan oleh orang tua. Maka dari itu, kenali sejak dini penyakit yang bisa saja menyerang buah hati. Salah satunya yakni gigi anak yang menghitam.

Kondisi gigi menghitam yang dialami anak-anak, memang terlihat sangat sepele. Namun sejatinya, sangat penting diketahui penyebab gigi anak yang menghitam.

Baca: Komunitas Amazing Truehealth Bantu Korban Banjir di Barru

Baca: TRIBUN HEALTH: Tes Masuk TNI, Gagal karena Kondisi Gigi! Ini Hal yang Harus Dilakukan

Baca: Guru dan Siswa SMAN 1 Makassar Diajak Hidup Sehat Lewat Smansa Healthy Day

Dr drg H Masriadi SKM MKes MH (38) menjelaskan, kondisi gigi menghitam yang biasanya diderita anak berusia tiga sampai enam tahun bernama medis Karies Rampan (gigi hitam). Penyebab dari Karies Rampan, yakni Multifaktorial.

"Karies Rampan penyebabnya adalah multifaktorial, bisa disebabkan karena ketidak seimbangan mineral dalam waktu lama dalam rongga mulut," kata Drg Masriadi yang juga dosen Dosen bagian IKGM FKG UMI, Sabtu (19/1/2019).

Kondisi tersebut diperparah dengan meningkatnya makanan dengan karbohidrat tinggi yang dikonsumsi anak. Sehingga dengan mengkonsumsi karbohidrat itu, mengundang Kariognetik.

Baca: Ada Apa? Inilah Postingan Terakhir Akun Instagram Lambe Turah Sebelum Mendadak Hilang

Baca: Ahok Mau Nikahi Bripda Puput Nastiti Devi? Tak Bisa Langsung, Daftar Belasan Syarat Wajib Dipenuhi

"Jadi ketika peningkatan konsumsi karbohidrat seperti mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kariogenik tinggi, Sukrosa (gula). Kandungan gula inilah menjadi salah satu penyebab gigi menghitam," jelasnya.

Adapun faktor lain penyebab gigi anak menghitam yakni kualitas Saliva (air liur) atau faktor bakteri. Nama bakteri tersebut adalah Streptococcus Mutans.

"Dan bakteri tersebut memiliki kontribusi besar untuk merusak gigi," papar dokter kelahiran Pulau Kalukuang, 28 Oktober 1980 ini.

Baca: Dialog KNPI Sulsel, Literasi Jalan Membaca Peradaban

Baca: Kisah Anak Yatim Piatu Bawa Jasad Ibu dengan Sepeda Lalu Kuburkan Ibunya Sendirian di Hutan

Adapun untuk pencegahan gigi anak menghitam menurut Masriadi yakni dimulai sejak dini. Dimana orang tua berperan aktif dalam mengawasi anak dalam mengkonsumsi makanan setiap harinya.

"Pencegahan tergantung dari penyababnya, sikap dan motivasi orang tua dalam mengawasi perawatan gigi anak dimulai dari sejak lahir. Biasakan membersihkan gigi sesudah makan hingga saat mau tidur," pungkasnya.(*)

Subscribe untuk Lebih dekat dengan tribun-timur.com di Youtube:

Jangan lupa follow akun instagram tribun-timur.com

 

Penulis: Wahyu Susanto
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved