Tator Resmi Ganti Lovely December Jadi Kemilau Toraja, Torut Menolak

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja memasuki bulan Desember 2018 menggelar event budaya untuk mendatangkan para wisatawan ke Toraja.

Tator Resmi Ganti Lovely December Jadi Kemilau Toraja, Torut Menolak
Foto Humas dan Protokoler Setda Tana Toraja
Jadwal Event Kemilau Toraja 2018 di Tana Toraja dan Lovely December 2018 di Toraja Utara. 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja menggelar event budaya untuk mendatangkan para wisatawan ke Toraja.

Diberi nama kegiatan yakni Lovely December yang pertama kali digagas mantan Gubernur Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menjabat selama tahun 2008-2018.

Namun, Pemkab Tana Toraja mengubah event tersebut menjadi Kemilau Toraja dimana sebagai tuan rumah event pada tahun 2018 ini.

Baca: Sore Ini, Lalu Lintas Sekitar Jalan Haji Bau Makassar Ramai Lancar

Baca: Caleg PKB Ini Sarankan Adanya Literasi Siaga Bencana

"Tahun ini sudah diubah menjadi Kemilau Toraja, sesuai arahan dan petunjuk Bapak Gubernur Nurdin Abdullah," ucap Wabup Tana Toraja, Victor Datuan Batara.

Sedangkan, Pemkab Toraja Utara masih menggunakan nama Lovely December yang kegiatannya akan dibuka pada event pertama yaitu malam puncak Festival Kandeandulang di Kecamatan Rantepao pada 15 Desember 2018.

"Kita sejak lama sudah menggunakan Lovely December, yang maksudnya merupakan kesempatan menyambut para perantau dan turis mancanegara maupun domestik dalam sebuah kerinduan dan kasih sayang untuk Toraja," ujar Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan saat dihubungi TribunToraja.com, Senin (3/12/2018).

Dikatakan Kalatiku, saat ini Pemda Toraja Utara tidak mengubah nama event seperti Pemkab Tana Toraja karena tidak ada petunjuk dari Gubernur Sulsel.

"Kita tidak terlalu mempersoalkan nama dan menunggu juga arahan Gubernur Sulsel jika perubahan di Tana Toraja atas petunjuk Pak Gubernur Nurdin Abdullah," jelas Kalatiku.

Baca: Pelajaran Berharga dari Kesuksesan Sidrap Jadi Juara Liga Desa Nusantara (LDN) 2018

Baca: Pengelola Kampung Penyu Selayar Khawatir Terjadi Abrasi

Dijelaskan pula, yang menjadi tuan rumah tahun 2018 juga adalah Kabupaten Tana Toraja, tapi Toraja Utara masih tetap menyelenggarakan Festival-festival dalam event Lovely December karena sudah kegiatan rutin menyambut para perantau Toraja di luar daerah dan kunjungan wisatawan.

"Bagi kita Pemda Toraja Utara membuat kegiatan kegembiraan dan kemeriahan di bulan Desember yang menjadi suatu hal penting untuk menjalin kasih sayang di bulan natal dan menjaga silaturahmi antar masyarakat Toraja Utara serta mendatangkan para wisatawan," tutup Bupati Kalatiku. (*)

Lebih dekat dengan Tribun Timur, subscribe channel YouTube kami: 

Follow juga akun instagram official kami: 

ii
Penulis: Risnawati M
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved