OPINI

Behel, Antara Kebutuhan Kekinian dan Ancaman Pidana

Ditulis Eka Erwansyah, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia Cabang Makassar sekaligus Kepala Deepartemen Ortodonti FKG Unhas

Behel, Antara Kebutuhan Kekinian dan Ancaman Pidana
identitas/nursari syamsir
Dr drg Eka Erwansyah MKes SpOrt 

Oleh: Eka Erwansyah
Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia Cabang Makassar - Kepala Deepartemen Ortodonti FKG Unhas

Minggu, 18 November 2018, tiba-tiba banyak teman sejawat dokter gigi menghubungi saya. Grup-grup media sosial ramai membicarakan.

Bahkan sampai beredar di grup para Ketua Cabang Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) se-Indonesia. Mereka semua membicarakan dan mempertanyakan berita yang dimuat koran Tribun Timur edisi Minggu 18 November 2018.

Saya mencoba mencermati apa yang dipertanyakan oleh teman-teman dokter gigi. Di dalam pemberitaan tersebut tercantum judul Tempat Penjualan-Pemasangan Behel Fashion di Makassar.

Di bawahnya tercantum 6 alamat terdiri dari dua dokter gigi dan empat toko yang menjual/memasang behel gigi.

Baca: OPINI Aswar Hasan: Isu Fee Proyek dan Quo Vadis Transparansi di Sulsel

Perawatan ortodonti adalah ilmu dan seni memposisikan gigi dan rahang untuk memperbaiki fungsi pengunyahan, fungsi pengunyahan dan fungsi estetik (penampilan).

Salah satu alat medis yang paling sering digunakan dalam perawatan ortodonti adalah behel. Oleh karenannya pemasangan behel tidak dapat dipisahkan dari perawatan ortodonti.

Perawatan ortodonti dengan menggunakan behel ini merupakan jenis perawatan yang sangat digandrungi oleh masyarakat saat ini.

Segala lapisan masyarakat (kaya miskin, berpendidikan/kurang berpendidikan) lokasi tempat tinggal (kota, desa) mendatangi tenaga yang menyediakan jasa perawatan ortodonti.

Sekalipun penampilan (kecantikan) bukanlah alasan utama dilakukan perawatan tetapi kebutuhan kekinian (milenial) telah menjadikan kecantikan sebagai alasan yang paling dominan saat ini.

Halaman
1234
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved