Gempa Sidrap

Gempa 4,2 SR Guncang Sidrap, Pelajar Dipulangkan Lebih Awal

Saat ini pihaknya tengah meminta pihak sekolah di desa tersebut mendata kemungkinan terjadinya kerusakan akibat gempa tersebut.

Gempa 4,2 SR Guncang Sidrap, Pelajar Dipulangkan Lebih Awal
amiruddin/tribunsidrap.com
Kepala Disdikbud Sidrap, Nurkanaah 

Laporan Wartawan TribunSidrap.com, Amiruddin

TRIBUNSIDRAP.COM, MARITENGNGAE - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) Sidrap, Nurkanaah mengatakan pelajar di Desa Dengeng-Dengeng, Belawae dan Buntu Buangin, Kecamatan Pitu Riase, Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) dipulangkan lebih awal, Selasa (9/10/2018) pagi tadi.

Hal tersebut dilakukan, pascagempa bumi berkekuatan 4,2 skala richter yang mengguncang wilayah tenggara Kabupaten Sidrap.

"Iya, kami pulangkan lebih awal pelajar di sana. Tindakan ini diambil demi keamanan anak-anak kita," kata Nurkanaah, kepada TribunSidrap.com.

Dua desa tersebut merupakan desa terjauh di Sidrap, tepatnya sekitar 108 km dari pusat Kota Sidrap. Desa tersebut berbatasan langsung dengan Kabupaten Wajo.

Saat ini pihaknya tengah meminta pihak sekolah di desa tersebut mendata kemungkinan terjadinya kerusakan akibat gempa tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sidrap, Sudirman Bungi yang dikonfirmasi TribunSidrap.com, mengaku tidak merasakan gempa bumi tersebut.

Baca: Gempa Berkekuatan 4,2 SR, Sekda Sidrap Imbau Warga Tetap Tenang dan Waspada

Baca: Terbaru Gempa Sidrap 4,2 SR Terasa di Wajo, Kesaksian dan Kiriman Foto Ketua IKA SMP 2 Sajoanging

"Saya sendiri tidak merasakan. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan, terkait dampak gempa bumi itu," katanya.

Meski begitu, warga Sidrap diimbau tetap tenang dan waspada terhadap gempa bumi. Sementara itu, Kepala BPBD Sidrap, Siara Barang membenarkan terjadinya gempa di tenggara Sidrap.

"Benar terjadi getaran gempa. Laporan yang kami terima, tidak ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa itu," ujarnya.

Sebelumnya, gempa juga terjadi di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba.

Sekadar diketahui, gempa bumi terjadi sekitar pukul 09:03:55 Wita, dan lokasi gempa bumi berada pada titik koordinat 3.82 LS-120.23 BT, 23 km tenggara Sidrap, di kedalaman 5 km.

Guncangan gempa turut dirasakan di Kota Palopo, Kecamatan Siwa dan Kota Sengkang, Kabupaten Wajo.

Demikian disampaikan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar melalui akunnya pada Twitter @BMKGSulsel.(*)

Penulis: Amiruddin
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved