Pemkab Luwu Utara Bahas Tapal Batas Desa di Tiga Kecamatan

Indah menuturkan, gugus tugas merupakan penggabungan antara dua kebijakan penting yaitu reforma agraria dan penetapan dan penegasan batas desa.

Pemkab Luwu Utara Bahas Tapal Batas Desa di Tiga Kecamatan
chalik/tribunlutra
Rapat koordinasi GTRA-PTBD Kabupaten Luwu Utara dan Pemetaan Partisipatif Desa di Ruang Rapat Wakil Bupati Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Masamba, Senin (3/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunLutra.com, Chalik Mawardi

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria dan Penetapan Tapal Batas Desa (GTRA-PTBD) Kabupaten Luwu Utara dan Pemetaan Partisipatif Desa.

Rapat dihadiri Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dan sejumlah kepala desa berlangsung di Ruang Rapat Wakil Bupati Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Masamba, Senin (3/9/2018).

Indah menuturkan, gugus tugas merupakan penggabungan antara dua kebijakan penting yaitu reforma agraria dan penetapan dan penegasan batas desa.

Dimana agenda reforma agraria yang termuat dalam RPJMD Luwu Utara tahun 2016-2021 sebagai isu prioritas nasional yang relevan dengan pembangunan daerah.

"Luwu Utara merupakan daerah yang memiliki luas wilayah terluas di Sulsel. Persoalan pertanahan di daerah ini masih cukup besar," beber Indah.

Sedangkan agenda penetapan dan penegasan batas desa menjadi prioritas pemerintah agar setiap desa memiliki dasar yang kuat dalam melakukan perencanaan pembangunan.

"Penetapan batas desa ini menjadi sangat penting mengigat masih banyak konflik batas desa. Begitu juga desa yang wilayahnya masuk dalam kawasan," katanya.

Kepala Bappeda Luwu Utara, Rusydi Rasyid menyebut, program ini dilakukan secara bertahap.

Tahap pertama dilakukan di semua desa yang ada di Kecamatan Bone-bone, Sukamaju, dan Malangke.

"Kenapa tiga kecamatan ini kita dahulukan, karena tidak berbatasan langsung dengan daerah atau kabupaten lain," katanya.

Di hadapan Indah, Rusydi menyebut pula anggaran program ini bersumber dari dana desa.(*)

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved