Ini Fasilitas Keren Bus Tingkat Dua Rute Makassar Toraja

Bus berlantai dua tersebut seperti berada di kapal pesiar, dan akan melayani rute Makassar-Toraja.

Ini Fasilitas Keren Bus Tingkat Dua Rute Makassar Toraja
HANDOVER
Perusahaan Otobus (PO) Primadona mendatangkan bus double decker pertama di Indonesia Timur dengan body dream liner aerodeck, di perwakilannya Kota Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Minggu (19/8/2018) malam. 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Perusahaan Otobus (PO) Primadona kini punya bus double decker pertama di Indonesia Timur dengan body dream liner aerodeck.

Bus berlantai dua tersebut seperti berada di kapal pesiar, dan akan melayani rute Makassar-Toraja.

Owner Primadona, Opi Sanda mengatakan, lantai satu menyediakan 5 kursi yang punya fasilitas manja dengan dilengkapi lemari, kulkas, karoke, televisi, CCTV, charger, layar kursi dengan tarif Rp 350 Ribu perkursi.

"Di lantai satu ini yang pasti kursinya empuk, ada alat penghilang bau dan polusi udara serta TV besar untuk melihat langsung ke arah depan karena di depan kursi tertutup, tidak berada di belakang sopir seperti bus lainnya," ucap Opi kepada TribunToraja.com, Senin (20/8/2018).

Selain itu, penumpang mendapatkan pelayanan makanan dan minuman gratis, sebelum berangkat disiapkan dalam kulkas sesuai permintaan para penumpang.

"Konstruksi body kendaraan yang tidak bisa memuat banyak kursi di lantai satu, jadi kita hanya siapkan lima, jadi lima kursi ini memiliki ruangan tersendiri," jelasnya.

Sementara di belakangnya terdapat tangga dan ruang bagasi yang luas untuk menyimpan barang-barang penumpang.

"Untuk bagasi, barang yang ringan dimasukkan lewat samping kanan dan kiri, jika berat dimasukkan melalui pintu utama dan diletakkan bersebelahan dengan tangga, jadi agak mudah untuk mengangkatnya," tutur Opi.

Berbeda dengan lantai 2, dimana tersedia 32 kursi dengan fasilitas colokan USB, musik, CCTV, AC, kursi empuk dan selimut dengan tarif Rp 250 Ribu perkursi.

"Di lantai dua bagi orang yang takut akan ketinggian, sebenarnya tidak menjadi masalah karena rasanya hanya berada di atas 10 centimeter dari mobil biasa, dan bahkan ketika perjalanan bisa diturunkan," tambahnya.

Opi mengatakan, bus Damri juga ada yang bertingkat dua tapi hanya sebagai angkutan antar kota, sedangkan bus double deckker terbaru ini melayani rute angkutan luar kota dengan tinggi 4,05 meter, memiliki delapan roda serta dua pintu.

"Ini hanya percobaan pertama, jika ngak ada halangan bulan Desember kita tambah lagi satu," tutup Opi

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved