Duhh! Masih Banyak Warga Sinjai Belum Punya BPJS

Karena kartu BPJS belum keluar, warga tidak berobat secara gratis di RSUD Sinjai.

Duhh! Masih Banyak Warga Sinjai Belum Punya BPJS
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Ilustrasi 

SINJAI, TRIBUN-TIMUR.COM - Warga Kabupaten Sinjai menagih kartu dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pasalnya hingga saat ini sebagian besar warga di Sinjai belum memiliki kartu BPJS.

Padahal BPJS dan Pemerintah Kabupaten Sinjai telah melakukan kontrak pembiayaan kesehatan warga sejak Maret lalu. Namun sampai saat ini kartunya tak kunjung dibagikan.

"Makanya kami tagih kartunya. Karena hanya di Pusksemas di Sinjai warga bisa gunakan kartu keluarga (KK) sebagai persyaratan untuk bisa dilayani berobat oleh medis. Sementara kalau di RSUD tidak bisa pakai KK," kata Hasmawati, seorang warga Sinjai, kemarin.

Karena kartu BPJS belum keluar, warga tidak berobat secara gratis di RSUD Sinjai. Meski Pemkab Sinjai sudah membiayai seluruh warga Sinjai non PNS, TNI dan anggota Polri dan karyawan, namun warga tetap tidak bisa menggunakan fasilitas yang dibiayai oleh pemerintah kabupaten tersebut.

Keluhan warga tersebut juga dibenarkan oleh Dinas Kesehatan di Sinjai. Ada puluhan ribu warga Sinjai yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan.

"BPJS Kesehatan harus pastikan bahwa tambahan kepesertaan yang mencapai puluhan ribu seharusnya sudah mendapatkan kartu BPJS. Bukan cuma tagihannya yang diurus tapi kartu yang menjadi kewajiban BPJS harus sesegera mungkin diselesaikan. Karena terbukti di Puskesmas masih banyak masyarakat yang menggunakan KTP dan KK tanpa memperlihatkan dan memiliki kartu BPJS. Padahal BPJS sudah sampaikan ada 99 persen masyarakat Sinjai yang sudah menjadi anggota BPJS," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, Irwan Suaib.

Kepala BPJS Kesehatan Sinjai, Abd Jabbar yang dikonfirmasi mengenai keluhan ini, memilih bungkam. "Mohon maaf saya sementara di luar, " katanya singkat melalui saluran telepon.(*/tribun-timur.com)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help