Anggota DPD RI Iskandar Muda B Lopa Sosialisasi 4 Pilar di Majene

Bagi generasi penerus bangsa penting untuk kita memantapkan nilai 4 pilar sebagai karakter kita sehari-hari.

Anggota DPD RI Iskandar Muda B Lopa Sosialisasi 4 Pilar di Majene
nurhadi/tribunsulbar.com
Anggota DPD RI Dapil Sulbar, Iskandar Muda Baharuddin Lopa menggelar sosialisasi 4 pilar Kebangsaan mencakup Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, Kamis (9/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAJENE - Anggota DPD RI Dapil Sulbar, Iskandar Muda Baharuddin Lopa menggelar sosialisasi 4 pilar Kebangsaan mencakup Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, Kamis (9/8/2018).

Kegiatan sosialisasi diselenggarakan di Kampus STIE YAPMAN Majene dihadiri sekitar 150 mahasiswa beserta dosen, ketua jurusan, ketua DPRD Kabupaten Majene dengan narasumber Ketua Jurusan Ilmu Politik Unsulbar, Muhammad.

Iskandar Muda saat menyampaikan sambutan pada acara itu mengatakan sosialisasi 4 pilar ini merupakan salah satu kegiatan utama yang dilaksanakan oleh anggota DPD RI yang sekaligus merupakan anggota MPR RI.

“Sosialisasi 4 pilar ini memang dirasakan masih perlu diberikan kepada seluruh elemen masyarakat utamanya mahasiswa sebagai generasi muda, mengingat saat ini realita kehidupan sosial, politik, ekonomi dan kemasyarakatan dirasakan tidak lebih baik dari era sebelum reformasi," katanya.

Baca: Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Jeneponto, Iqbal Parewangi Janjikan Beasiswa ke Pelajar

Baca: Jadi Anggota DPR RI, Abubakar Wasahua Sosialisasi 4 Pilar di Luwu

"Oleh karenanya pengertian terhadap nilai-nilal yang terkandung dalam 4 pilar perlu terus diberikan dan ditingkatkan," lanjutnya.

Anggota DPD RI dua priode tersebut mengatakan, tujuan sosialisasi 4 pilar ini antara lain memantapkan dan meneguhkan kembali semangat yang terkandung dalam pancasila sebagai dasar negara, meningkatkan pengertian hal persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI serta meningkatkan kesadaran hukum dan konstitusional dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ia menambahkan, momen kemerdekaan mudah-mudahan dapat mempertebal rasa nasionalisme kita serta bisa lebih menghargai nilai-nilai perjuangan bangsa yang telah ditorehkan oleh para pejuang kemerdekaan.

Sementara Muhammad mengatakan, jika melihat bagaimana penegakan hukum hari ini yang bahkan telah menyentuh para pejabat negara dari menteri, bupati hingga kepala desa sekalipun, maka kondisi ini dapat juga menjadi parameter kemajuan.

Hanya saja, kata dia, bagi generasi penerus bangsa penting untuk kita memantapkan nilai 4 pilar sebagai karakter kita sehari-hari.

"Tidak dapat dipungkiri, memang patut untuk menjadi keprihatinan kita bersama akan semakin derasnya propaganda beberapa oknum yang gemar dalam melancarkan isu SARA, untuk menyukseskan agenda politiknya di tahun politik ini," tuturnya.

"Oleh karena itu, penting untuk masing-masing kita dengan semangat 4 pilar ini, dapat menjadi agen-agen yang dapat melakukan perimbangan wacana atas banyaknya propaganda negatif yang ada," tambahnya.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help