Urus Sertifikasi Uji Mutu Hasil Perikanan di Sulsel Kian Cepat dan Mudah Berkat Inovasi Ini

Pengujian sertifikasi ini menjadi salah satu syarat utama standar mutu produk perikanan di negara tujuan ekspor.

Urus Sertifikasi Uji Mutu Hasil Perikanan di Sulsel Kian Cepat dan Mudah Berkat Inovasi Ini
Handover
Petugas UPT BP3MPHKP Sulsel bersiap mengantarkan sertifikat belum lama ini. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Proses sertifikasi pengujian mutu hasil perikanan di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kian cepat, mudah, dan murah. Pengujian sertifikasi ini menjadi salah satu syarat utama standar mutu produk perikanan di negara tujuan ekspor.

Sertifikat uji mutu itu diterbitkan Unit Pelaksana Teknis Balai Pembinaan, Pengujian, dan Pengembangan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (UPT BP3MPHKP) Sulsel. 

Baca: Tak Selamanya Jadi Calon Legislator Menggiurkan, Bukti Berikut Ini Bikin Geleng-geleng

BP3MPHP Sulsel telah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai lembaga pengujian ISO/IEC 17025: 2008 sejak tahun 2002 lalu sekaligus sudah mengantongi sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015.

Kemudahan proses sertifikasi tersebut seiring inovasi Sejuta Ikan (Sertifikasi Pengujian Mutu Hasil Perikanan) yang dihadirkan UPT tersebut setahun terakhir ini.

"Inovasi ini sebagai upaya kami memberikan kemudahan bagi masyarakat pelaku usaha yang sekaligus upaya menggenjot ekspor produk perikanan dari Sulsel agar semakin mendunia," kata Kepala BP3MPHKP Sulsel Siti Zaleha Soebarini, Sabtu (21/07/2018).

Dari segi waktu misalnya. Hadirnya inovasi pertama di timur Indonesia ini memangkas waktu pelayanan pengujian mikrobiologi dan kimia yang dilakukan BP3MPHP Sulsel untuk memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan permintaan standar negara tujuan ekspor.

Dari sebelumnya 8-12 hari menjadi hanya sekitar 6-10 hari. Dengan mengubah sistem pelayanan secara manual ke sistem komputerisasi memanfaatkan jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN).

Sistem menghubungkan beberapa komputer di kantor BP3MPHKP. Komputer di bagian administrasi pelayanan penerbitan sertifikat dihubungkan ke laboratorium pengujian. 

Dengan demikian pengujian yang telah selesai langsung diinput dan diterima langsung bagian administrasi pelayanan. Selanjutnya diterbitkan sertifikat pengujian mutu hasil perikanan.

Sistem ini memangkas waktu pelayanan administrasi dan penerbitan Sertifikat Pengujian Mutu Hasil Perikanan sekitar dua hari. Berbeda saat masih menggunakan sistem manual.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Aqsa Riyandi Pananrang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help