Pilkada Serentak 2018

Sehari Jelang Pencoblosan di Polman dan Mamasa, Kapolda Sulbar Lakukan Pemantauan

Brigjen Pol Baharudin Djafar mengatakan, hal itu dilakukan untuk memastikan kotak suara pemilihan kepala daerah di dua kabupaten di Sulbar

Sehari Jelang Pencoblosan di Polman dan Mamasa, Kapolda Sulbar Lakukan Pemantauan
Nurhadi
Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharudin Djafar saat berada di Polsek Tinambung, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polman, Selasa (26/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, POLMAN - Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Pol Baharudin Djafar, turun langsung memantau persiapan pelaksanaan Pilkada Polman pada H-1 pencoblosan Bupati dan Wakil Bupati Polman dan Mamasa, Selasa (26/6/2018).

Brigjen Pol Baharudin Djafar mengatakan, hal itu dilakukan untuk memastikan kotak suara pemilihan kepala daerah di dua kabupaten di Sulbar, tetap dalam kontrol kepolisian.

Sejak kemarin, Senin (25/6/18) kotak suara sudah tiba di masing-masing PPK dan PPS melalui pengawalan dan penjagaan ketat petugas kepolisian bersama para penyelenggara Pilkada demi mengantisipasi terjadinya potensi kecurangan.

"Ini juga tentu bertujuan mengawal Pilkada di dua kabupaten agar berjalan damai dan demokratis sehingga melahirkan pemimpin-pemimpin yang lebih amanah,"katanga kepada TribunSulbar.com.

Menurutnya, kecurangan bisa muncul akibat dimanipulasi surat suara oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab. Olehnya, kata dia, sebelum hari pencoblosan, yang menjadi fokus pengamanan pihak kepolisian adalah kotak suara, jumlah surat suara hingga surat suara tambahan harus sesuai dengan DPT serta berita acara yang ada.

"Kami juga telah sepakat untuk menjaga netralitas dan mensukseskan pesta demokrasi tahun 2018 dan kami melakukan kontrol hanya sekedar memastikan penyelenggaraan Pilkada serentak pada Rabu 27 Juni besok, akan berlangsung secara demokratis,"kata dia.

Kapolda Sulbar juga mengontrol langsung tempat pemungutan suara (TPS) seperti di TPS Tinambung, sekaligus meyambangi tokoh masyarakat setempat dan mengajak untuk berpartisipasi mensukseskan jalannya Pilkada Polman dan Mamasa.

Selain melakukan kontrol, pihaknya juga menghimbau dan mengingatkan seluruh personilnya di lapangan agar menunaikan tugasnya dengan baik dan profesional demi mewujudkan Pilkada yang damai serta demokratis.

"Segera atasi, koordinasikan dan laporkan secara berjenjang setiap permasalahan yang terjadi, agar tidak meluas. Junjung tinggi netralitas TNI-Polri dan pedomani segala aturan yang ada serta jangan lupa berdoa sebelum bertugas Insyaallah Pilkada akan sukses dan lancar,"ucap perwira polisi berpangkat satu bintang itu.

Kabid Humas Polda AKBP Hj. Mashura, yang turut mendampingi Kapolda menyebutkan agenda pemantau Kapolda akan berlangsung hingga pemilihan usai demi untuk memastikan pesta demokrasi di wilayah Sulbar berjalan aman dan jujur.

Penulis: Nurhadi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help