PSM Makassar

Pascalibur Berat Pemain PSM Bakal Ditimbang, Kelebihan BB Dapat Sanksi

Robert Rene Alberts memberi program latihan khusus kepada para pemain untuk mereka jalankan sendiri di rumah.

Pascalibur Berat Pemain PSM Bakal Ditimbang, Kelebihan BB Dapat Sanksi
ilham mulyawan/tribun-timur.com
Pelatih PSM, Robert Rene Alberts 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ilham Mulyawan

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Liga 1 musim 2018 telah memasuki libur lebaran, sejumlah tim pun telah meliburkan skuatnya termasuk tim PSM Makassar.

Selama libur lebaran, Pelatih Robert Rene Alberts memberi program latihan khusus kepada para pemain untuk mereka jalankan sendiri di rumah. 

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, eks pelatih Sarawak FA dan Arema ini mengatakan bahwa program latihan khusus itu kurang lebih sama seperti yang ia terapkan tahun lalu. Lantas apa ada sanksi bagi pemain yang berat badannya berlebih saat latihan nanti?

Robert tak menampik hal itu. "Sama seperti musim lalu," ujarnya. Di kompetisi Liga 1 2017, Robert menimbang berat badan (BB) pemain saat semua berkumpul pascalibur lebaran. Pemain yang berat badannya naik drastis, diberi sanksi oleh Robert. 

Baca: Kenapa Pelatih PSM Makassar Tetap Jagokan Jerman Meski Keok dari Meksiko?

Baca: PSM Makassar Jalani 2 Laga Berat Usai Lebaran, Ini Target Munafri Arifuddin

Baik itu sanksi latihan fisik hingga denda. Namun Robert tidak merinci berapa besar denda ia berlakukan kepada pemain yang beratnya berlebihan.

Ia maklum, setiap momen lebaran maupun libur panjang tentu pemain konsumsi gizi pemain tak terkontrol, itu semua tergantung pribadi masing-masing pemain menjaga kondisi tubuhnya.

Bagi yang tak mampu mengontrolnya, tentu berpotensi naik beratnya. Namun bagi mereka yang bisa kontrol dengan baik, tentu tak perlu khawatir apalagi jika menambah sendiri porsi latihan.

Berat badan bagi setiap atlet, khususnya sepakbola adalah persoalan krusial. Berat badan naik membuat nafas ngos-ngosan ditambah kelincahan serta kecepatan menurun.

"Saya tentu tidak menginginkan ada pemain yang berat badannya berlebihan, apalagi kita segera mempersiapkan diri untuk laga pekan ke-14 dan 15," kata Robert. 

Rencananya seluruh pemain kembali berkumpul di Makassar besok atau Selasa (19/6/2018).(*)

Penulis: Ilham Mulyawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help