Home »

Bisnis

» Mikro

Perda Retribusi Jasa Usaha Akan Diperbarui, Ikuti Inflasi dan Kenaikan Harga

Pemprov berupaya merampungkan Ranperda tentang perubahan Perda nomor 1 tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha.

Perda Retribusi Jasa Usaha Akan Diperbarui, Ikuti Inflasi dan Kenaikan Harga
HANDOVER
Workshop yang digelar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di Hotel Clarion Jl AP Pettarani Makassar, Rabu (16/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel terus berupaya merampungkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan Perda nomor 1 tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha.

Salah satunya melalui workshop yang digelar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di Hotel Clarion Jl AP Pettarani Makassar, Rabu (16/5/2018).

Perda tersebut diubah karena sudah tak sesuai dengan kondisi terkini.

Penjabat Sekretaris Daerah Sulsel, Tautoto Tanaranggina, mengatakan perubahan Perda ini dilakukan dengan beberapa alasan.

Seperti adanya beberapa peraturan perundang-undangan terkait perda ini yang sudah dihapus, dicabut, diganti, dan ditambah.

"Selain itu ada pelimpahan kewenangan baru yang diterima provinsi dari kabupaten-kota akibat berlakunya UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yaitu retribusi pengelolaan terminal tipe B. Serta adanya retribusi baru yang belum diatur seperti rumah susun sederhana sewa dan penyadapan getah pinus," kata Tautoto dalam rilisnya, Rabu (16/5/2018).

Kepala Bapenda Sulsel ini menyebutkan tarif retribusi jasa usaha yang berlaku saat ini layak direvisi karena biaya pengelolaan ikut meningkatkan seiring pertumbuhan ekonomi, inflasi dan kenaikan harga.

Ditambah peningkatan perkapita masyarakat Sulsel selama 5 tahun terakhir.

Diketahui, saat ini Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha telah berlaku selama lebih 6 (enam) tahun sejak diberlakukan secara efektif pada 13 Januari 2012 lalu.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help